Lantik 40 Penegak Bantara, Langkah Awal Menuju Pramuka Penegak Garuda

Pusinfo – Sebanyak 40 anggota Pramuka Penegak Gugus Depan 01.059 – 01.060 Pangkalan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo dilantik Penegak Bantara oleh Mabigus yang juga Waka Kesiswaan MAN Sidoarjo, Kak Lilik Widyawati, S. Pd, pada hari Jumat, 17 Februari 2023 dihalaman sekolah dengan proses pelantikan berjalan khidmat sebagaimana adat isitiadat ambalan.

Dalam amanahnya, Kak Lilik menyampaikan “Tetaplah kalian berjuang demi masa depan yang lebih gemilang dengan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan kedua orang tua kalian. Banggakan orang tua kalian dengan prestasi-prestasi yang kalian ukir”.

Penegak Bantara adalah calon penegak yang telah memenuhi SKU bagi penegak bantara dan mentaati adat ambalan. Perpindahan dari calon penegak menjadi penegak bantara dilaksanakan dengan upacara pelantikan, yang bersangkutan mengucapkan Tri Satya dengan suka rela dan berhak memakai tanda kecakapan umum penegak bantara. Selama menjadi penegak bantara diberi kesempatan latihan membaktikan diri kepada masyarakat dan membentuk kepribadian yang kuat.

Seorang penegak bantara harus tetap melanjutkan latihan dan kegiatan lainnya untuk :

  1. Menyelesaikan SKU tingkat penegak laksana sehingga dapat dilantik sebagai penegak laksana.
  2. Menempuh SKK sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga mendapatkan tanda kecakapan khusus.
  3. Mengembangkan bakat dan minatnya di satuan karya pramuka serta menyebarkan tugas pokok Saka sesuai dengan kemampuannya dan Penegak Bantara yang menjadi anggota Saka, tidak meninggalkan gugus depannya.
  4. Berperan serta dalam memberikan bantuan kepada kwartir sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada padanya.

Dalam kesempatan kali ini, Pembina Satuan yang dijabat oleh Kak M Imam Asyroni, S.Pd., MM beserta pengurus Ambalan yang diwakili oleh Pradana M Iqbal Putra Hermawan berupaya mendorong anggota yang telah dilantik menjadi pramuka Penegak Bantara untuk terus mengembang diri dengan menjalankan kewajibannya sebagai pramuka penegak bantara dan melanjutkan ke tingkatan pramuka penegak laksana serta tetap meraih prestasi di Pramuka maupun Sekolah. (Red)

Kontributor dan foto-foto kegiatan oleh : Kak M Imam Asroni, S.Pd., MM (Pembina Satuan) & Nur Faiqotul Izzah (Anggota Pramuka MAN Sidoarjo);

Baca Juga  Dianpinsat DKC Sidoarjo Gembleng 62 Orang Penegak Pandega menjadi Smart Leader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *