Menyatukan Visi Majelis Pembimbing Ranting dan Gudep melalui Orientasi Mabi

Pusinfo – Untuk menyatukan visi dalam pembinaan Gerakan di Kwartir Ranting Sedati. Gerakan Pramuka Kwarran Sedati menyelenggarakan orientasi majelis pembimbing ranting dan gugus depan. Orientasi majelis pembimbing diperuntukkan bagi Kamabigus SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Dilaksanakan di Bumi Perkemahan Lentera Camp Trawas 11-12 Pebruari 2023.

Ketua Majelis Pembimbing Ranting Sedati Kakak Abu Dardak berpesan dalam sambutan upacara pembukaan agar seluruh Kamabigus memberikan dukungan, fasilitasi dan partisipasi pada pembinaan peserta didik di Gugus Depan. Peran Kamabigus sangat strategis dalam pembinaan Generasi muda, kedepan akan mewajibkan para Kepala Desa untuk ikut terlibat Dalam Gerakan Pramuka, tegasnya.

Dalam laporannya Kak Fadli, LT selaku ketua Panitia menyampaikan peserta orientasi akan mendapatkan materi tentang petunjuk penyelenggaraan majelis pembimbing Gerakan Pramuka, AD/ART Gerakan Pramuka dan Prinsip Dasar Kepramukaan da Metode Kepramukaan. Narasumber yang hadir Kakak DR. H. Mustain Baladan, MT selaku Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo, Kakak DR. Abdul Munif, MM selaku Waka Binawasa Kwarcab Sidoarjo serta Kakak Haryanto, M.Si selaku Kapusdiklatcab Jenggala Sidoarjo.

Dalam materinya Kak Mustain Baladan menuturkan bahwa tugas pokok Kamabigus adalah suporting kegiatan Pramuka di Gudep. Sesuai SK Kwarnas Nomor 225 tahun 2007 telah diatur mekanisme peran dan fungsi Majelis Pembimbing. Jangan sampai Kamabigus malah menjadi penghalang kegiatan Pramuka di Gudep. Akan dibawa kemanakah Gudep sangat tergantung Kamabigus, imbuhnya.

Sementara Kak Munif dengan model permainan menarik menyenangkan menjelaskan tentang AD/ART Gerakan Pramuka. Dan materi ditutup dengan selingan banyolan dari Kak Haryanto tentang prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Setelah mendapat materi yang sangat menarik dan memotivasi dari para narasumber, kegiatan malam ditutup dengan api unggun dengan pembina Kakak Kapten M. Nuri Komandan Koramil Sedati.

Baca Juga  Musppanitera DKR Buduran, Upaya Tingkatkan Produktivitas Karya Pramuka Penegak Pandega

Dibawah rintik hujan tidak menyurutkan semangat peserta menampilkan atraksi keunikan masing-masing. Tidak kalah hebohnya peserta orientasi terdiri kepala sekolah SD, MI, SMP dan SMA tersebut menampilkan keceriahannya dan penuh canda. Menurut Kak Winarsih Kepala TK Muslimat Hasyim Ashari Pepe Sedati mengatakan walaupun kondisi sakit pasca Operasi justru acara Pramuka seperti ini menjadi obat agar cepat sembuh katanya.

Ditemui disela acara Kak. Siti Hamidah, MS Kakwarran Sedati mengatakan bahwa kegiatan orientasi Mabi ini menjadi momentum awal untuk menyatukan visi mensinergikan antara Mabiran, Mabigus dengan Kwarran Sedati. Dan dua bulan lagi akan dilaksanakan KMD bagi kepala TK dilanjutkan pendirian Gugus Depan di Satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak.

Hari kedua minggu 12 pebruari 2023 melakukan olah raga jalan pagi menikmati panorama Desa Brenjong Kec. Trawas. Kesempatan melintasi pemandangan dengan latar sawah dan gunung Penanggungan tidak dilewatkan peserta untuk berswafoto. “Sangat indah, rugi jika tidak diabadikan” kata Kak Novita Kamabigus/Kepala SDN Pranti Sedati.

Setelah makan pagi dilanjutkan Kegiatan out bond bola bergulir, jinak bom dan puzzel. Menurut kak Rozak Mabigus MI Khoirul Huda Pabean Sedati bahwa pertemuan para Kepala Sekolah atau Kamabigus seperti ini harus rutin dilaksanakan untuk saling sharing dan menambah wawasan dalam pengelolaan Gugus Depan. Kesan mendalam selama kegiatan out bond selain bermain kekompakan, ketrampilan dan kerjasama, kak Fuad Kamabigus/Kepala SMP PGRI Sedati menambahkan. Serta tidak membedakan kepala sekolah SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI maupun TK guyub rukun menjalin kebersamaan.

Di penghujung kegiatan dilakukan evaluasi atau refleksi kegiatan dipimpin oleh Kak Siman Hadi Kepala Sekolah/Kamabigus SMK Penerbangan Dharma Wirawan Sedati. Orientasi majelis pembimbing Kwarran Sedati resmi di tutup KaKwarran Sedati Kak Siti Hamidah, MS. Pesan Kak ida agar kegiatan berdampak pada semangat mengelola Gugus Depan serta berkelanjutan.(Red)

Kontributor dan dokumentasi kegiatan oleh Kak Fadli – Andalan Ranting Sedati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *