#RebrandingPramuka Berita

Saka Kalpataru Perkuat Jiwa Peduli Lingkungan Pramuka Penegak Sidoarjo

Orientasi Anggota Baru Satuan Karya Kalpataru Kwarcab Sidoarjo

Pusinfo – Bertempat di Auditorium Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, Satuan Karya Kalpataru Sidoarjo mengadakan Orientasi anggota baru pada hari Selasa, 20/09/2022. Dibuka oleh Kak Luh Yuniareni, SH., MH pimpinan saka kalpataru jabatanya Kepala Bidang Penataan lingkungan dan Peningkatan kapasitas lingkungan hidup, kegiatan ini diikuti oleh 28 Pramuka Penegak Sidoarjo.

Kegiatan ini berfokus kepada pengenalan Saka Kalpataru dengan harapan agar menumbuhkan jiwa peduli lingkungan pada Pramuka Penegak. Pramuka pastinya mencintai lingkungan, namun yang lebih penting adalah bagaimana Pramuka dapat menjadi agen perubahan untuk lingkungan Indonesia yang lebih baik.

Disamping pengenalan Saka Kalpataru, peserta orientasi juga diajak untuk menggali lebih dalam tentang kepenegakan melalui studi kasus dan Diskusi Kelompok Terpimpin (DKT) bersama kak Suyuti. Sedangkan Kak Seno menyampaikan dasar Kesakaan sebagai pondasi berjalannya sebuah satuan karya pramuka.

Dalam Pertemuan ini, dibentuklah krida-krida Saka Kalaptaru Sidoarjo beserta koordinator angkatan tahun 2022. Krida yang terbentuk adalah Krida 3R 1, 3R 2 dan 3R 3, yang masing-masing berjumlah 7 orang Penegak. 3R sendiri singkatan dari Reduce, Reuse dan Recycle yang berfokus pada pengurangan, penggunaan kembali, dan pengolahan sampah.

Sebagai salah satu Satuan Karya yang terbilang baru, maka Saka Kalpataru sejatinya memiliki tantangan berat untuk mengenalkan keberadaan satuan karya ini sekaligus mengajak sebanyak mungkin pramuka penegak dan pandega untuk lebih peduli terhadap lingkungan, terutama pengurangan dan pengolahan sampah. Jangan hanya menjadi gugur kewajiban semata atas nama program kedinasan.

Butuh trobosan baru setingkat level pimpinan untuk membangun konsep besar mendorong produktivitas satuan karya yang konsentrasi terhadap isu kebersihan dan lingkungan ini. Jika kita tarik benang merah dengan lingkungan serta kebersihan dewasa ini, maka sangatlah banyak sekali yang semestinya bisa dilakunan oleh saka Kalpataru dengan bekerja sama semua pihak. Semoga ini merupakan langkah awal membuat perubahan produktivitas satuan karya Kalpataru Kwartir Cabang Sidoarjo.

Kontributor : Kak Suyuti – Tim Lintas Satuan Karya Sidoarjo;

Editor : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.