Lantik Laksana dan Sematkan Tetampan, Tingkatkan Kualitas Pramuka Penegak

Pusinfo – Gebrakan baru terus ditorehkan keluarga besar Smenda Scout guna mendorong pencapaian gugus depan unggul dan pramuka penegak garuda di pangkalan SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Dalam rangka terus meningkatkan kualitas anggota pramuka penegak, telah dilangsungkan Perkemahan Jum’at – Sabtu atau Perjusa (10 s.d 11/02/2023).

Kegiatan kali ini dalam rangka penyelesaian dan penempuhan SKU Laksana serta uji SKK lebih dari 23 orang pramuka penegak anggota Smenda Scout. Dilaksanakan dengan sistem berkemah dilapangan rumput SMKN 2 Buduran, sebagai basis berkegiatan gerakan pramuka yang sudah berkegiatan sejak tahun 1986.

Kegiatan kali ini secara penuh mendapatkan dukungan dari Kamabigus Kak Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM dan Ketua gugus depan Kak Syamsudin Chalim, S.Pd., M.Pd. Pelaksanaan kegiatan dipandu langsung oleh tim pembina Smenda Scout Kak Sri Mujiyanah, SH dan Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC, CPS serta kakak-kakak yang lainya. Dengan 12 orang tim pembina yang turun tangan langsung menguji dan mendampingi adik-adik berproses penempuhan SKU Laksana dan TKK.

Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mewujudkan gugus depan unggul di Smenda Scout dan sekaligus mempersiapkan sejak dini calon-calon Pramuka Penegak Garuda. Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sebagai evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan DIANPINSA – Gladian Pimpinan Satuan yang beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan ditempat yang sama.

Tidak hanya tujuan diatas, melalui kegiatan ini yang sebelumnya didahului dengan kegiatan Jalajah Pramuka Wajib diarea sekitar sekolah, kegiatan Perjusa ini juga dijadikan sebagai proses pembelajaran seluruh pengurus Dewan Ambalan dalam mengelola sebuah kegiatan, mengingat sebentar lagi tepatnya dibulan Mei 2023, Smenda Scout akan menyelenggarakan Even Perlombaan untuk pramuka penggalang se-Kabupaten Sidoarjo bertajuk KOMPAK alias Kompetisi Pramuka Kreatif.

Baca Juga  Kak Subandi Berangkatkan Kontingen Raimuna Nasional XII Kwartir Cabang Sidoarjo

Secara menyeluruh, adik-adik peserta kegiatan menyampaikan kebanggaannya dengan adanya proses yang dilalui mereka bersama untuk penempuhan SKU Laksana dan TKK. Selain itu mereka juga merasakan adanya kebersamaan yang terbangun dengan seluruh anggota, Instruktur Muda Pramuka Smenda (INPRADA) dan para pembina selama pelaksanaan kegiatan Perjusa kali ini. (Red)

Foto dan dokumentasi kegiatan oleh : Kak Shofi – Tim Pembina Smenda Scout

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *