Kak H Lukman Hakim Sosok Pramuka yang Protokol, Protokol yang Pramuka

Pusinfo – “Pengalaman masa kecil selama Pramuka Penggalang sangatlah berkesan, terutama pada waktu Penjelajahan di Tambak, harus menyebrang tambak dan berbasah-basah ria. Separuh pakaian basah, tas yang dibawa harus diangkat diatas kepala dan sepatu ditali kemudian digantungkan di leher untuk menghindari terkena air”

Kakak yang satu ini bernama lengkap H. Lukman Hakim, SH. Sehari-hari dinas sebagai staf Protokol pada bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 12 tahun lebih bertugas memberikan pelayanan kepada Pimpinan Daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati serta Sekretaris Daerah Sidoarjo.

Suka duka dalam memberikan pelayanan terbaik tentunya tak lepas dari pengalaman dimasa kecil aktif sebagai anggota pramuka. Masa Penggalang adalah masa yang sangat menyenangkan bagi beliau. Kegiatan penjelajahan didaerah desa yang beliau tinggali sangatlah berkesan.

Lingkungan tambak yang banyak ikan, air dan area yang cukup luas untuk menjelajah dan menambah pengalaman selama menjadi pramuka penggalang. Berkegiatan diarea tambak memberikan kesan tersendiri bagi beliau, terlebih dikala menjelajah harus berbasah-basah ria. Ini memberikan pengalaman untuk berani menghadapi tantangan disegala medan kehidupan.

Bersama dengan teman-teman anggota regu penggalang waktu itu, merasakan bagaimana tempaan yang diberikan oleh kakak pembina dapat memberikan manfaat hingga saat ini.

Sebagai seorang Protokol yang memiliki tugas memberikan pelayanan keprotokolan pada Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah, dituntut untuk disiplin, berani, berpikir cepat, mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik dengan siapa saja.

Hal ini merupakan suatu tuntutan sekaligus standart kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang protokol. Dan berbagai persyaratan yang lain tentunya, namun demikian kebutuhan kemampuan ini telah biasa dilakukan di Pramuka, sehingga bukan lagi hal yang sulit untuk diterapkan.

Baca Juga  LOMBA TINGKAT-1, UJI KELAYAKAN REGU UNGGULAN

Kakak dengan 3 orang anak (2 Putri, 1 Putra) ini, salah satu putrinya juga aktif dalam Dewan Kerja Cabang Sidoarjo. Rupanya jiwa pramuka juga ditularkan pada putrinya tersebut. Semangat untuk ikhlas bakti bina bangsa terus ditularkan, agar hidup semakin bermanfaat.

Selain itu, dalam kepengurusan Kwartir Cabang Sidoarjo dipercaya sebagai Andalan Cabang Urusan Humas 2020 – 2025. Berbagai macam pengalaman yang didapatkan didalam kepramukaan selama ini, dapat menunjang pelaksanaan kerja dibidang yang selama ini ditekuni oleh beliau. [Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *