Buka Sidparnas, Ketua Kwarnas Sebut Tema Bangkit Untuk Indonesia Adalah Tepat

Pusinfo – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso selasa (7/2/2023) malam membuka secara resmi Sidang Paripurna Nasional (Sidparnas) Pramuka Penegak dan Pandega Tahun 2023 di Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta.

Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso mengatakan bahwa Tema Sidparnas tahun 2023 kali ini, “Bangkit Untuk Indonesia”, merupakan tema yang tepat dalam memposisikan keberadaan Pramuka Penegak dan Pandega untuk menjadi bagian dalam upaya membangkitkan kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah sebelumnya sempat terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19 yang menyerang hampir segala bidang dan aspek kehidupan.

Kak Budi Waseso mengingatkan kembali bahwa pada tahun 2045, negara kita akan menyambut 100 Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pada “Tahun Emas” Republik Indonesia tersebut, saya berharap kiranya adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega saat ini sudah akan mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan di berbagai bidang; baik di bidang pemerintahan, swasta, dan termasuk juga menjadi pemimpin-pemimpin dalam dunia wirausaha,” Ungkap Kak Budi.

Kak Budi Waseso kemudian menyebutkan bahwa di tahun 2023 ini terdapat sejumlah kegiatan besar bagi para Pramuka Penegak dan Pandega, salah satu dari kegiatan tersebut di antaranya Raimuna Nasional (Rainas) ke-12 yang akan diselenggarakan di Buperta Cibubur dari tanggal 14-21 Agustus 2023.

Setelah selama beberapa tahun terakhir ini banyak pembatasan dalam kegiatan kepramukaan, maka untuk Rainas kali ini kita berusaha menghadirkan sebanyak 30.000 peserta dari seluruh Indonesia dan sebagian dari mancanegara.

“Mari kita jadikan Rainas sebagai ajang pertemuan, persaudaraan, dan sekaligus upaya untuk meningkatkan kuantitas juga kualitas para Pramuka Penegak dan Pandega,” ungkapnya

Baca Juga  Pembina Harus Menguasai Manajemen Resiko Berkegiatan di Alam Terbuka

Kegiatan penting lainnya adalah kegiatan prestasi, Kemah Kerja Nyata, serta JOTA dan JOTI 2023 dan lain sebagainya.

Sebelum kepengurusan DKN masa bakti 2018-2023 berakhir, Ketua Kwarnas mengajak adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega untuk memanfaatkan berbagai kegiatan yang ada demi pengembangan Tri Bina, yaitu bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat; yang pada akhirnya akan menjadikan baik anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas mendapatkan manfaat atas keberadaan organisasi yang kita cintai bersama ini.

Prosesi pembukaan kegiatan ditandai dengan pembunyian sirine oleh Kak Budi Waseso dan penampilan visualisasi logo Sidparnas dan lounching logo Raimuna Nasional ke XII Tahun 2023 pada layar dengan iringan nada yang penuh semangat. Hadir dalam pembukaan Sidparnas 2023 beberapa pimpinan Kwarnas dan Andalan Nasional. (Red)

Sumber berita (Info dan Foto) : https://pramuka.id/buka-sidparnas-ketua-kwarnas-sebut-tema-bangkit-untuk-indonesia-adalah-tepat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *