Kontingen Kemah Ukhuwah Nasional V Sako Pramuka SIT Sidoarjo Diberangkatkan oleh Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo

Pusinfo – Pimpinan Satuan Komunitas Cabang (Pinsakocab) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Sidoarjo menggelar upacara pelepasan kontingen Sidoarjo untuk mengikuti Kemah Ukhuwah Nasional V (Kemnas) Rabu, 08/02/2023 di Lapangan Upacara SMPIT Insan Kamil Sidoarjo. Kegiatan tersebut sebagai bagian penting untuk membekali siswa sebelum berangkat Kemnas.

Upacara pelepasan diikuti oleh beberapa regu dari berbagai Gugus Depan (Gudep), antara lain dari SMPIT Insan Kamil 4 regu, SDIT Insan Kamil 2 regu, dan SDIT Nurul Islam 2 regu, serta perwakilan pengurus JSIT Sidoarjo. Mereka akan mengikuti kegiatan Kemah Ukhuwah V di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta 13-18 Februari 2023. Peserta Perkemahan Kemah Ukhuwah Nasional ke V SAKO SIT Kontingen Kwarcab Sidoarjo ini berjumlah 80 orang Pramuka Penggalang dan 20 orang Pembina Pendamping.

Bertindak selaku Pembina Upacara Pelepasan kali ini adalah Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo Kak DR. H. Mustain Baladan, M.Pd.I. Beliau berpesan dalam amanatnya,“Jaga diri baik-baik, karena nanti ketika di kemnas akan bertemu dengan teman-teman dari berbagai sekolah seluruh Indonesia yang berbeda-beda suku bangsa. Kalian harus mengamalkan Dasa Darma yang kedua yaitu Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, sehingga kalian dapat diterima dimanapun kalian berada untuk menjaga keutuhan bersama bangsa dan negara Indonesia.”

Kak Mustain menambahkan,”Kesan saya yang pertama selama pelaksanaan upacara pelepasan tadi terlihat tertib dan berjalan dengan lancar, nampak sekali bahwa adik-adik sangat dekat dengan kakak pembinanya. Semoga semuanya diberikan kesehatan dan mendapatkan ilmu yang baru yang bermanfaat dari para peserta dan pembina yang berasal dari berbagai kabupaten dan kota diseluruh Indonesia.”

Tak Kalah pentingnya peran Issam Mahdi, selaku pratama yang memimpin upacara Pelepasan Kontingen Sidoarjo. Ia mengatakan,”Sangat senang bisa ikut andil dalam kegiatan upacara pelepasan. Harapannya semua kegiatan nanti berjalan lancar dan bermanfaat untuk semua.”

Kemnas merupakan agenda yang selalu diikuti oleh gudep dari Sidoarjo. Kegiatan tersebut diadakan langsung dari Pinsakonas Pramuka SIT setiap 5 tahun sekali. Tempat pelaksanaan berbeda-beda menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Kemnas diikuti semua perwakilan dari berbagai sekolah IT yang ada di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Upaya Tingkatkan Moral Melalui Masa Orientasi Pramuka SMP Negeri 3 Taman

Pramuka SIT berusaha memberikan nilai-nilai religi serta mengajak untuk menjaga lingkungan dan mempersiapkan diri membangun bangsa Indonesia sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma.(Red)

Kontributor oleh : Kak Samsul – Pembina Pramuka SMPIT Insan Kamil Sidoarjo;

Foto-foto kegiatan oleh : Kak Tony – tim redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *