Saka Bahari Sidoarjo Ikuti Sailing Camp Perkemahan Bakti Tingkat Nasional

Pesan Utama Kasal Kita Harus Menjadi Bangsa Pelaut Sejati

Pusinfo – Geliat Satuan Karya skala Nasional kembali bergaung, dengan diselenggarakannya Sailing Camp Satuan Karya Pramuka Bahari Nasional, 7 – 12 Desember 2022 di Pulau Sebaru Kepulauan Seribu. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksana TNI Yudo Margono selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Ka Mabisaka) Bahari Tingkat Nasional, Jum’at (9/12/2022) pagi melepas pelayaran peserta Sailing Camp Perkemahan Bakti (Perti) Saka Bahari Tingkat Nasional bertempat di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ini kegiatan bukan untuk pertama kali dilaksanakan, sebelumnya TNI Angkatan Laut secara rutin menggelar kegiatan Perkemahan Bakti Saka Bahari diberbagai tempat di tanah air yang diramu dengan pelayaran keberbagai pelosok nusantara melalui lautan, kata Kak Yudo Margono

Saka Bahari Sidoarjo mewakili Lantamal V mengirimkan 2 (dua) orang Pramuka Penegak dan 1 Pembina pendamping. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap generasi muda agar memiliki jiwa Sumber Daya Manusia yang tangguh dan memiliki kecintaan kepada bahari yang tinggi.

Kegiatan Sailing Camp Perti Saka Bahari ini diikuti oleh 500 peserta dan menjadi salah satu rangkaian Hari Armada Indonesia 2022 itu, para peserta Sailing Camp akan berlayar menuju Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu dengan menggunakan KRI Teluk Palu-523, mengikuti kegiatan pelayaran dan perkemahan Bakti Saka Bahari dari 9-11 Desember 2022.

Menurut Kak Yudo Margono, bahwa menjadikan kemaritiman sebagai visi dan arah pembangunan, sudah sepatutnya generasi muda bangsa sejak dini sudah diperkenalkan laut. “Laut adalah harapan, laut adalah kejayaan, dan laut adalah  masa depan peradaban bangsa Indonersia”, Ungkap Kasal. Kita harus menjadi bangsa pelaut sejati, tegas kak Yudo Margono.

Oleh karena itu, sangatlah penting mewariskan keasadaran jiwa, jiwa dan semangat bahari  kepada generasi muda sebagai pewaris dan penerus bangsa. Salah satu wujudnya adalah kegiatan Sailing Camp dalam bentuk pelayaran dan perkemahan bakti saka Bahari.

Ia menambahkan bahwa kegiatan yang diikuti 488 orang Pramuka Penegak Saka Bahari se-Indonesia itu mengangkat tema TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Sailing Camp Pelayaran Perkemahan Bakti Saka Bahari di Pulau Sebaru Kepulauan Seribu dalam rangka mewujudkan Generasi Muda yang Peduli, inovatif,  dan cakap bagi kepentingan pertahanan Negara.

Kak Yudo menjelaskan selama berlayar, semua peserta akan melihat kepadatan lalu lalang kapal yang melintasi perairan Indonesia, sembari mendapatkan sejumlah materi seperti sosialisasi peran dan tugas pengawak KRI TNI AL, Tour of Ship, peran dan tugas TNI AL, fashion show seragam TNI AL, wawasan kebangsaan dan bela negara, bahaya narkoba, hingga latihan PBB.

Sedangkan pada saat pergelaran acara di perkemahan pesisir, telah disiapkan kegiatan seperti pengenalan dan pelatihan olahraga air, pentas seni, api unggun dan pelepasan lampion laut serta pelaksanaan bakti sosial di pesisir pantai, pungkasnya. (Red)

Kontributor & foto kegiatan oleh : Kak Setyo Nugroho – Andalan Cabang Urusan Satuan Karya;

Sumber berita pendukung : www.pramuka.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.