Kak Subandi Lantik Mabiran dan Pengurus Kwarran Sedati Masa Bakti 2022 s.d 2025

Peran Pembina Pramuka kedepannya semakin berat

Pusinfo – Dalam sambutan dan pengarahan pelantikan Majelis pembimbing dan pengurus Kwarran Sedati masa bhakti 2022-2025, Ketua Kwarcab Sidoarjo H. Subandi, SH berpesan bahwa peran pembina Pramuka sangat berat, perkembangan teknologi berpengaruh pada fenomena dan dinamika masyarakat hal ini berdampak pada perilaku generasi muda.

Kenakalan remaja aksi brutalisme, fandalisme, gengster balakangan ini cukup mengkawatirkan. Sehingga peran Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal sangat dibutuhkan kehadirannya. Pesan Kak. Subandi panggilan akrabnya agar para kepala sekolah, guru mewanti-wanti pada muridnya tidak keluar malam sebagai antisipasi aksi kekerasan.

Pengurus Mabiran dan andalan ranting sedati yang telah dilantik diharapkan memegang teguh amanah yang diemban dengan melakukan sinergitas dalam membina generasi muda penerus bangsa untuk membentuk generasi muda berkarakter. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan, tanya jawab oleh Ka Kwarcab, pengucapan Tri Satya Pramuka, pengucapan ikrar dan dilanjutkan penandatanganan ikrar.

Pelantikan pengurus Mabiran dan Kwarran sedati dilaksanakan Kamis, 8 Desember 2022 di Pendopo Kantor Kecamatan Sedati Jl. Raya Pulungan No. 01 Pulungan-Sedati. Diikuti jajaran forkopimcam Sedati, Kepala sekolah, pembina Gudep dan para Kepala Desa. Disela sambutannya Kakwarcab sidoarjo yang sekaligus Wakil Bupati Sidoarjo mengatakan bahwa untuk mewujudkan kualitas program kerja dibutuhkan anggaran dana yang cukup. Oleh karena itu Kak Subandi menekankan Komitmennya untuk mengembalikan anggaran Gerakan Pramuka Sidoarjo sebesar 1.8 Milyar.

Semantara Camat Sedati selalu Kamabiran dalam sambutannya mengungkap keterharuan pada saat mengucapkan janji Pramuka dibawah bendera Merah Putih, selama ini belum pernah merasakan pelantikan sekhidmad ini, katanya. Sehingga Kakak Abu Dardak, S.Sos, M.Si berjanji akan mengajak bergandengan tangan jajaran Mabiran dan Andalan Ranting sedati untuk bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan yang bernilai manfaat kepada masyarakat. Hanya pendekatan program yang dapat menciptakan harmonisasi antara Pramuka dan masyarakat. Tentu harus mendapat dukungan seluruh stakeholder lainnya.

Ditemui setelah pelantikan, Ketua Kwartir Ranting Sedati Kak. Siti Hamidah, LG mengatakan bahwa formasi kepengurusan kwarran 50 ℅ diduduki generasi muda, ini artinya proses regenerasi berjalan dengan baik di kwarran Sedati. Sebagai langkah pertama program kerja adalah akan melakukan orientasi Mabi yang diikuti jajaran forkopimcam para kepala desa dan kepala sekolah.

Dengan harapan para pimpinan di institusi masing-masing memiliki kesadaran dan komitmen mendukung Gerakan Pramuka. Setelah itu akan dilakukan Kursus Mahir Dasar KMD karena banyak Guru-guru muda, pembina Gudep masih awam terhadap Pramuka, imbuhnya.

Pada upacara pelantikan tersebut terjadi kejadian unik karena Ka Kwarcab melantik istrinya sendiri, yaitu Kak Dr.Hj.Sriatun Subandi Selaku anggota Mabiran yang nota bene adalah Kepala Desa Pabean-Sedati. Hal ini kedepan akan memperkuat jajaran kepengurusan Pramuka Sedati dalam menjalankan Program-programnya. Selamat kepada jajaran Majelis Pembimbing dan Pengurus Kwarran Sedati masa bhakti 2022-2025, semoga semakin baik dalam menjalankan roda organisasi. (Red)

Jurnalis Tim Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo : Kak M Fadli;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.