#RebrandingPramuka Berita Satuan Karya

SBH Taman Adakan GALAKSIDA Taman 2022

Pusinfo – Geliat kebangkitan Satuan Karya Pramuka (Saka) di wilayah Kwartir Cabang Sidoarjo semakin menampakkan kemajuannya. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa keberadaan Saka bisa menjadi tolok ukur pramuka produktif diwilayah tersebut. Demikian halnya dengan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Taman yang berada dibawah binaan Puskesmas Taman – Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, (18/11/2022) bertempat di Aula Amaryllis Puskesmas Taman telah dilangsungkan kegiatan GALAKSIDA Taman atau “Giat Diklat Pramuka Saka Bakti Husada Taman”.

Kegiatan ini diselenggarakan kembali setelah 2 tahun karena pandemi Covid-19. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan dari SBH Taman, setelah terselenggaranya Open Recruitment anggota baru bulan lalu. Kali ini dilaksanakan pada Jumat – Minggu, 18 s/d 20 November bertempat di Puskesmas Taman dan Villa Hijau Pacet Mojokerto.

Disampaikan oleh Ketua Dewan Saka Bakti Husada Taman, Anwaruddin Al Wafi, bahwa kegiatan kali ini mengambil tema “Dedikasi untuk pramuka, yang terbaik dariku”, hal ini mengandung makna bahwa setiap anggota pramuka yang bergabung dengan Saka Bakti Husada Taman harus memiliki rasa memiliki serta memberikan kontribusi nyata melalui kegiatan kepramukaan dibidang kesehatan.

Dalam kegiatan GALAKSIDA kali ini juga diberikan materi oleh DKC Sidoarjo, Kak M Nur Hidayat mengenai “Peran dan perbedaan gugus depan dengan satuan karya”. Dengan harapan peserta mengetahui secara rinci fungsi dan peranan utama gugus depan yang memiliki porsi lebih besar dalam hal pembinaan peserta didik anggota pramuka yang dapat berkolaborasi mendorong dimilikinya ketrampilan khusus dari pembelajaran mereka di Satuan Karya.

Tak cukup itu saja, materi “Scout with responsif and be responsible” juga diberikan agar peserta dapat berpikir kritis, logis, tanggap serta bisa dan siap bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukan. Untuk memberikan penguatan bekal materi tentang kepribadian, adik-adik juga diajak untuk membangun “Scout with personal branding” oleh Kak Akhmad Abi Yunus, S.Ars. selaku Purna KDS SBH Taman, melalui materi kepribadian ini diharapkan peserta mengetahui bagaimana kekuatan branding secara pribadi mempengaruhi nilai dan citra dari seorang anggota pramuka.

Dihari kedua, peserta diberikan waktu untuk melakukan forum group dicussion bersama dengan anggota sangga mengenai pembagian tugas dalam kegiatan selama di Villa nantinya, peserta diberangkatkan pukul 11.00 Wib oleh Kak Adi Irawan yang mewakili unsur Purna SBH Taman, disela- sela apel keberangkatan Kak Adi berpesan mengenai pentingnya sebuah komunikasi dan diskusi dalam suatu tim sehingga tercipta ikatan kuat untuk saling mengenal satu sama lainnya.

Setibanya di Villa Hijau pukul 13.00 Wib peserta melaksanakan apel untuk pembagian tugas koordinator lapangan pada setiap sesi diklat yang akan berlangsung selama di villa tersebut. Di hari kedua ini juga disampaikan materi mengenai pengolahan tanaman TOGA dan Rempah nusantara yang ada hingga menjadi sebuah sajian inovasi berupa Teh Herbal.

Tak kalah menariknya, kali ini seluruh peserta dan panitia diberikan materi mengenai leadership, public speaking dan etika berorganisasi yang disampaikan oleh Kak Uays Hasyim Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo. Beliau merupakan sosok yang memiliki ikatan sangat kuat dengan SBH Taman karena dalam kariernya, beliau pernah menjadi pamong sekaligus instruktur SBH Taman dan juga memotori bangkitnya SBH Taman hingga sampai saat ini.

Malam harinya peserta juga mendapatkan pembekalan umum mengenai P3K dan PPGD yang disampaikan oleh Kak Dihfa yang merupakan pengurua Dewan SBH Taman sekaligus Mahasiswi Keperawataan Poltekes Surabaya. Dikegiatan kali ini juga dilakukan prosesi Diklat pengambilan ring SBH dan penempuhan krida yang diikuti oleh 2 Orang peserta SBH Taman angkatan tahun 2019. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Purna/Alumni SBH Taman, perwakilan dari SBH Prambon dan Krembung dalam rangka menguatkan hubungan kerja sama dan mengokohkan tali silaturahmi antar pengurus Saka Bakti Husada.

Dihari yang ketiga, peserta diajak untuk melakukan kegiatan luar ruangan dengan diawali Senam pagi bersama, Fun Games untuk melatih kepekaan dan responsibilitas peserta kegiatan. Peserta Diklat Pengambilan Badge Saka Bakti Husada sebanyak 16 orang melakukan prosesi diklat dengan melakukan dialog intensif bersama dengan Purna dan Dewan SBH Taman mengenai kesanggupan, perencanaan dan pandangannya bagi SBH Taman yang dilanjutkan dengan penyematan badge SBH Taman.

Yang menjadi salah satu tradisi di SBH Taman setiap kali Diklat peserta diklat diminta untuk meminum satu teguk olahan Jamu “Pahitan” sebagai pengambaran bahwa dalam perjalanan karier seseorang tentu pernah mengalami manis dan pahitnya hidup. Jamu ini juga menjadi adat turun temurun dalam kegiatan diklat, agar peserta tidak menyepelekan pengalaman yang telah diikuti setelah dari bergabungnya peserta menjadi bagian dari keluarga besar SBH Taman. (Red)

Kontributor dan foto kegiatan oleh : Kak Anwaruddin Al Wafi – KDS Bakti Husada Taman;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.