#RebrandingPramuka Berita

Kwarcab Gelar LT III, Wujudkan Penggalang Berbudi, Berdedikasi Dan Berprestasi

Pusinfo – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sukses menggelar pelaksanaan kegiatan Lomba Tingkat III atau LT III di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur Argasonya – Balongbendo Sidoarjo. Kegiatan kali ini dilaksanakan hari Kamis s.d Minggu, 10 – 14 Nopember 2022 secara bergantian untuk jenjang penggalang SD/MI kemudian dilanjutkan dengan jenjang penggalang SMP/MTs.

Lomba Tingkat Regu Penggalang atau LT merupakan kegiatan Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang yang bersifat kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Bagi peserta LT antar Regu Penggalang merupakan kegiatan paling bergengsi bagi Pramuka Penggalang. Kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang disetiap Gugus Depan.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan Lomba Tingkat III Kwarcab Sidoarjo kali ini adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai tolok ukur pencapaian dalam penguasaan materi teknik kepramukaan maupun umum khususnya bagi regu berprestasi tinggi Lomba Tigkat II masing  – masing  perwakilan dari Kwartir Ranting.
  2. Ajang lomba bagi regu peserta Lomba Tingkat III  2022.
  3. Ajang silaturahmi Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Sidoarjo.
  4. Wadah untuk menentukan Regu Prestasi Tinggi bagi peserta Lomba Tingkat III Regu Penggalang.

Dalam pelaksanaannya, ada sekitar 40 jenis perlombaan yang diikuti oleh seluruh peserta. Nampak, suasana kompetisi yang luar biasa antara regu namun tetap dibarengi dengan ciri khas anggota pramuka, yakni riang dan gembira. Kegiatan dibuka oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo, Kak DR. H. Mustain Baladan, M.Pd.I dengan didampingi oleh jajaran pengurus lainnya.

Kerja keras yang dilakukan oleh masing-masing regu, tentunya dalam rangka untuk mencari yang terbaik diantara terbaik. Kompetisi yang sebelumnya telah didahului dengan Lomba Tingkat I maupun II dimasing-masing Gugus Depan dan Kwartir Ranting ini, akhirnya menghasilkan peraih regu-regu berprestasi, diantaranya sebagai berikut :

Untuk tingkat SD/MI Putra :

NONAMA GUDEPTINGKAT PRESTASIKETERANGAN
1.SDN CEMENGKALANGTINGGI
2.SDN KRIAN 3BAIK
3.SDN SIDODADI 1CUKUP
4.SDIT EL HAQHARAPAN – 1
5.SDN GELAM 2HARAPAN – 2
6.SDN ANGGASWANGIHARAPAN – 3
Sumber data dari panitia kegiatan LT III Kwartir Cabang Sidoarjo

Untuk tingkat SD/MI Putri :

NONAMA GUDEPTINGKAT PRESTASIKETERANGAN
1.SDN KRIAN 4TINGGI
2.SDN PUCANG 2BAIK
3.SDN WARU 1CUKUP
4.SDN KARANGPURIHARAPAN – 1
5.SDN PABEAN 1HARAPAN – 2
6.SDN JEMUNDO 1HARAPAN – 3
Sumber data dari panitia kegiatan LT III Kwartir Cabang Sidoarjo

Untuk tingkat SMP/MTs Putra :

NONAMA GUDEPTINGKAT PRESTASIKETERANGAN
1.SMPN 2 SIDOARJOTINGGI
2.SMPN 1 KREMBUNGBAIK
3.SMPN 2 TAMANCUKUP
4.SMPN 2 KRIANHARAPAN – 1
5.SMP PGRI 1 BUDURANHARAPAN – 2
6.SMP HANG TUAH SEDATIHARAPAN – 3
Sumber data dari panitia kegiatan LT III Kwartir Cabang Sidoarjo

Untuk tingkat SMP/MTs Putri :

NONAMA GUDEPTINGKAT PRESTASIKETERANGAN
1.SMPN 2 KRIANTINGGI
2.SMPN 1 TAMANBAIK
3.SMPN 1 KREMBUNGCUKUP
4.SMPN 2 SIDOARJOHARAPAN – 1
5.SMPN 2 WONOAYUHARAPAN – 2
6.SMPN 2 SEDATIHARAPAN – 3
Sumber data dari panitia kegiatan LT III Kwartir Cabang Sidoarjo

Prestasi yang diperoleh ini tentunya tidaklah harus membuat jumawa apalagi besar kepala, namun hal ini juga menjadi sebuah tantangan besar untuk mempertahankan dan meningkatkannya. Lebih dari itu, bagi mereka yang belum berhasil memperoleh hasil terbaik, hal ini menjadi pembelajaran berharga untuk dapat terus berlatih meningkatkan kemampuan diri bersama dengan regunya agar mampu mengejar ketertinggalan yang selama ini ada serta mewujudkan kualitas regu yang semakin strata antara satu dengan yang lainnya.

Bagi para pembina pramuka penggalang yang regunya mengikuti kegiatan kompetisi kali ini, tentunya harus terus mengasah kepekaan pola, metode, mekanisme serta cara melakukan pembinaan yang semakin berkualitas, efektif dan efisien untuk selanjutnya dapat mendorong kemajuan ditingkat gugus depan masing-masing. Kamabigus beserta jajaran harus terus memfasilitasi peningkatan kualitas kegiatan kepramukaan di gugus depan, mengikut lebih dari 40 mata lomba yang dikompetisikan sehingga mampu diakomodir untuk berlatih dan terus berlatih di gugus depan dengan semangat pantang menyerah. (Red)

Foto-foto kegiatan dan data oleh : Tim Panitia LT III Kwartir Cabang Sidoarjo tahun 2022


Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.