#RebrandingPramuka Artikel Berita Info Gudep Info Kwarran

Persiapkan Peserta Didik yang Tangguh, Tertib dan Disiplin

Kegiatan Lomba Tingkat 1 Gugus Depan Pangkalan SDN Jeruk Gamping Kwartir Ranting Krian

Pusinfo – Dalam rangka mempersiapkan peserta didik yang tangguh, tertib dan disiplin SDN Jeruk Gamping Kecamatan Krian mengadakan kegiatan Lomba Tingkat 1 Pramuka Penggalang gugus depan 09.093 – 09.094 (PERJUSA) yang diselenggarakan pada tanggal 02 – 03 September 2022 bertempat dihalaman sekolah.

Kegiatan lomba tingkat 1 dikemas dalam perkemahan Jumat Sabtu yang merupakan bagian dari kegiatan pramuka yang bertema “Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia”. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas 4, 5, 6 yang terdiri dari 111 peserta putri dan 87 peserta putra. Kegiatan ini bertujuan membekali peserta didik dengan kedisiplinan untuk membentuk karakter, mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik serta meningkatkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan kepramukaan.

Kegiatan Perjusa yang dilaksanakan setiap setahun sekali di SDN Jeruk Gamping tersebut dilaksanakan dengan penuh kebersamaan dan kegembiraan, mulai dari makan bersama, Shalat bersama dan kegiatan lainnya. Selama 2 hari ada perasaan senang sedih dan letih sebagaimana diungkapkan oleh peserta bernama Fadil (6b) “senang dan capek serta kurang nyaman tidur” ungkapnya. Selanjutnya kakak pembina juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik, bahwa secapek apapun selama mengikuti kegiatan maka harus tetap riang gembira, sehingga tetap bersemangat dalam berkegiatan.

Ada 7 jenis kegiatan yang diperlombakan, diantaranya PUPP, Morse, Pionering, yel-yel, Jingle, KIM dan PBB yang diambil juara tergiat 1, 2, 3 baik regu putra maupun putri. Para regu yang berhasil meraih kejuaraan, nantinya akan mewakili gugus depan untuk mengikuti Lomba Tingkat 2 se-Kwartir Ranting Krian. Selain itu, perlombaan ini juga menjadi sarana evaluasi bagi gugus depan akan efektifitas latihan pramuka yang sudah rutin dilakukan.

“Pada pelaksanaannya, peserta didik terlihat sangat antusias dan berusaha semaksimal mungkin dalam menunjukkan potensi yang mereka miliki untuk meraih kejuaraan. Di akhir kegiatan, peserta didik yang terpilih mendapatkan hadiah sebagai apresiasi setelah mengikuti rangkaian kegiatan perlombaan berdasarkan kategori yang telah ditentukan serta peserta didik diharapkan bisa menjadi anggota pramuka yang Tangguh, Disiplin dan Tertib” ungkap Kepala Sekolah.

Kontributor : Kak Dwi Nur Mas Ulla, S.Pd.I – Pembina Pramuka SDN Jeruk Gamping Kwartir Ranting Krian;

Editor : Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.