#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Sosialisasi Gudep Aman Bencana Pada Penegak Pangkalan SMKN 1 Buduran

Pusinfo – Guna membangun kesiapsiagaan bencana pada anggota gerakan pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka membuat sebuah program yang diberi nama Gugus Depan Aman Bencana. Program ini merupakan program ketangguhan masyarakat berbasis komunitas Pramuka. Tujuan secara umum adalah untuk membangun kesiapsiagaan anggota Pramuka terhadap bencana yang terjadi disekitarnya.

Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SMKN 1 Buduran dalam kegiatan Orientasi Tamu Ambalan (OTA), kali ini Jum’at (11/11/2022), membekali peserta OTA dengan materi tentang tata cara bersiaga dalam bencana utamanya dalam kegiatan di Gugus Depan dan kegiatan Pramuka lainnya.

Materi tentang kesiapsiagaan Pramuka dalam merencanakan kegiatan dan menyiagakan gugus depannya agar memiliki budaya sadar bencana diberikan dalam bentuk Sosialisasi Gudep Aman Bencana oleh Kak Aslichatul Insiyah, M.Pd. yang merupakan fasilitator Nasional Gudep Aman Bencana.

Dalam kesempatan itu hadir sekitar 450 siswa kelas 10 SMKN 1 Buduran dari berbagai jurusan. Kegiatan terlaksana dengan seru dan menyenangkan. Beberapa doorprize diberikan untuk memancing keaktifan dan minat adik-adik dalam mengetahui lebih mendalam apa itu Gudep Aman Bencana.

Gudep 02.79-02.80 Pangkalan SMKN 1 Buduran yang dibina oleh Kak Aman Bambang dan Kak Betty ini adalah sekolah kedua yang mendapatkan sosialisasi tentang Gudep Aman Bencana di Sidoarjo ini. Gugus depan berbasis kejuruan dengan peserta pramuka penegak ini, memang selama ini dikenal sebagai gudep yang aktif bergiat. Berbagai macam kegiatan kepramukaan yang menjadi program kerja dapat terlaksana dengan baik, bahkan banyak inovasi kegiatan kepramukaan penegak yang memang untuk saat ini sangatlah dibutuhkan, terutama kegiatan di alam terbuka.

Dalam kesempatan kali ini, engingat begitu pentingnya pengetahuan Gudep Aman Bencana, maka kak Azelin demikian biasanya dipanggil, menyampaikan “Semoga kedepan seluruh Gugus Depan di Sidoarjo ini dapat menjadi Gugus Depan Aman bencana yang Tangguh dan memiliki ketahanan terhadap bencana” (Red)

Kontributor oleh : Kak Azelin (Fasilitator Nasional Gudep Aman Bencana);

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.