Adakan Seleksi Calon Peserta Raimuna Nasional XII, Tanda Kebangkitan Tegak Dega Sidoarjo

Pusinfo – Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo terus menunjukkan kiprahnya, berbagai macam upaya berbenah dan menghadirkan kegiatan kepramukaan ditingkat Penegak dan Pandega yang berkualitas terus dilakukan. Tak ayal lagi, hal ini seolah menjadi pertanda Kebangkitan Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Sidoarjo. Seperti yang telah dilaksanakan hari ini, Sabtu (01/04/2023) di Sanggar Bakti Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo telah dilangsungkan Seleksi Calon Peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023 Kontingen Kwartir Cabang Sidoarjo.

Kegiatan yang masih dalam nuansa bulan suci Ramadhan 1444 H ini seolah tak menyurutkan semangat para pesertanya, meski berpuasa namun kegiatan berjalan dengan lancar tanpa halangan dan peserta juga nampak sangat antusias dalam mengikuti tahapan demi tahapan seleksi yang dibagi menjadi 4 jenis yaitu seleksi administrasi, tes tulis, tes wawancara dan tes kesehatan.

Peserta yang datang mengikuti seleksi kali ini berjumlah 42 pramuka penegak dan pandega dengan 21 putra, 21 putri yang merupakan perwakilan dari beberapa Kwartir Ranting dan Gugus Depan se-Kwartir Cabang Sidoarjo. Seleksi kali ini dilakukan karena untuk mencari calon-calon peserta terbaik yang akan mewakil lebih dari 11. 000 pramuka penegak dan pandega se-Kabupaten Sidoarjo. Keterbatasan kuota peserta yang diberikan oleh Kwartir Nasional dibanding dengan banyaknya peminat yang ingin mengikuti kegiatan even pramuka penegak pandega 5 tahunan ini menjadikan seleksi sebagai jalan terbaik untuk calon-calon peserta sebagaimana yang diharapkan.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperluas jaringan pramuka penegak dan padega juga menambah pengalaman bagi peserta seleksi. Peserta-peserta yang nantinya lolos dalam seleksi kali ini harus memiliki antusias yang tinggi untuk mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII Tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, pada tanggal 14 s.d 21 Agustus 2023. Diharapkan peserta tidak hanya bersenang-senang selama mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII, namun juga dapat menimba ilmu sebanyak mungkin guna disebarluaskan kepada pramuka penegak dan pandega lain yang belum berkesempatan dalam mengikuti kali ini.

Baca Juga  MEMBEDAH KEISTIMEWAAN SKU

Dalam penyampaiannya, Ketua sangga kerja Seleksi Calon Peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023 Kontingen Kwartir Cabang Sidoarjo, Kak Indah Wahyuni yang juga anggota Dewan Kerja Cabang mengatakan bahwa, “Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 21 Agustus Tahun 2023 bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Setiap Kwarcab mengutus 2 (dua) umpi putra dan2 (dua) umpi putri, dengan jumlah anggota setiap umpi adalah 8 (delapan) orang. Tentunya, karena banyaknya peminat maka kami melaksanakan seleksi calon peserta, diharapkan melalui kegiatan seleksi ini kami dapat memperoleh pramuka penegak dan pandega yang mumpuni dan berkualitas yang akan mewakili pramuka penegak pandega se-Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, Kak Anang Ahmad Muzakki menyampaikan, “Meski ini adalah keputusan yang tidak ringan, ditengah keterbatasan dana dan anggaran, berbagai permasalahn yang saat ini menimpa gerakan pramuka di Jawa Timur yang tentunya berdampak sangat besar bagi keberadaan pramuka penegak dan pandega terutama di Sidoarjo, kami tidak menyerah untuk bangkit memikirkan dan melakukan tindakan demi kemajuan dan keberlangsungan pramuka penegak dan pandega di Sidoarjo. Kami percaya, segala daya upaya yang telah kami kerahkan secara maksimal akan seiring sejalan dengan dukungan kakak-kakak anggota pramuka dewasa, para orang tua calon peserta, gugus depan, para andalan dan utamanya pimpinan Kwartir Cabang Sidoarjo yang selama ini terus mendukung kami dalam upaya membangkitkan kembali pramuka penegak dan pandega Sidoarjo, sehingga harapan kami ke depan Penegak dan Pandega Sidoarjo ini akan menjadi barometer, trendsetter kemajuan gerakan pramuka khusunya di Jawa Timur”, pungkasnya sembari memohon dukungan dan semangat.

Baca Juga  Jalin Keakraban, Bangun Kesolidan Pengurus Kwarcab Sidoarjo Melalui Halal bi halal

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Kwartir Nasional melalui Dewan Kerja Nasional, Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 21 Agustus Tahun 2023 bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Sebuah even kegiatan yang tentunta sangat ditunggu-tunggu oleh para pramuka penegak dan pandega paska pandemi yang melanda negeri ini. Selamat berkarya, para pramuka penegak dan pandega Sidoarjo, Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan, agar jaya Indonesia. (Red)

Kontributor dan foto-foto kegiatan oleh : Kak Syahrul – Anggota DKC Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *