#RebrandingPramuka Berita Gudep Perti

Bentuk Forum Komunikasi Sebagai Langkah Awal Kebangkitan Pramuka di Perguruan Tinggi

Kegiatan Penguatan Gugus Depan Pangkalan Perguruan Tinggi di Sidoarjo

Pusinfo – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo mengadakan kegiatan Penguatan Gugus Depan Perguruan Tinggi, Sabtu (15/10/2022) di Auala Kwarcab Sidoarjo. Kegiatan yang diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari 4 orang pembina dan 21 orang pandega anggota racana dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang Bidang Pembinaan orang dewasa – Kak DR. Abdul Munif, ZA berlangsung semarak dengan kehadiran pramuka anggota racana yang ada di gugus depan pangkalan perguruan di Sidoarjo.

Kegiatan ini dimaksudkan agar Gudep Perti bisa bangkit dan mengenalkan kepramukaan terutama dikalangan mahasiswa-mahasiswi dengan cara membuat kegiatan kepramukaan yang lebih menarik dan menantang diantaranya berkemah, jelajah batas kota sidoarjo, membaca peta kompas, kegiatan pionering, cooking class dan lain sebagainya.

Selain itu juga perlu diadakannya sharing atau latihan bersama untuk berbagi pengalaman dan kemampuan antara Gudep Perti yang ada di sidoarjo, hal ini sekaligus juga mendorong Perti yang belum memiliki Gudep agar segera mendirikan untuk kemudian mengajukan pengesahannya kepada Kwartir Cabang Sidoarjo.

Kegiatan Penguatan Gudep Perti ini merupakan implementasi dari rencana kerja Kwartir Cabang Sidoarjo tahun 2022, juga merupakan kegiatan Penguatan Gudep Perti pertama kali yang dilakukan di lingkup Kwarcab Sidoarjo.

Dalam penyampaiannya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Kak Fakhrur Rozy, S.Or., S.Pd.I., M.Pd., AIFO yang juga sebagai Andalan Cabang Urusan Gudep Perti mengatakan, bahwa acara kali ini di bagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu pembukaan, pemaparan tentang Gudep Perti, penyampaikan potret kegiatan di masing-masing Gudep Perti oleh Pembina atau Racana.

Sedangkan sesi kedua yaitu FGDR – Fokus Grup Diskusi Racana yang membahas tentang bentuk kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya untuk penguatan Gudep Perti. Pembentukan panitia dan pembuatan proposal serta sharing kegiatan diantara racana setiap Gudep Perti sebagai bagian dari pada Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Dengan adanya kegiatan ini diharapan menjadi sebuah wadah berkegiatan dan koordinasi untuk pembinaan Gudep Perti di lingkungan Kwarcab Sidoarjo. Karena kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan, maka diharapkan hal ini menjadi langkah kebangkitan Gudep Perti. Kebangkitan ini ditandai dengan terbentuknya Forum Komunikasi Antar Pembina Pramuka Gudep Perti serta Forum Komunikasi Antar Racana 6 Perguruan Tinggi, juga guna memasyarakatkan kegiatan kepramukaan khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi yang ada diwilayah Sidoarjo.

Kontributor oleh : Kak Fakhrur Rozy – Andalan Cabang Urusan Gudep Perti;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.