#RebrandingPramuka Berita

Gelang Ajar Pembina Kwarcab Sidoarjo, Dorong Produktif Hasilkan Pramuka Garuda

Pusinfo – “Putih e beras ora kerana alu, ananging amerga saka gesekan antarane beras” semangat yang ditularkan oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo – Kak DR Mustain Baladan, M.Pd.I menginspirasi seluruh pembina pramuka se-Kwarcab Sidoarjo dalam menandai dimulainya kegiatan Gelang Ajar Pembina melalui Upacara Pembukaan Kegiatan, (Senin, 10/10/2022) di Bumi TawaBumi Perkemahan Tanjek Wagir Krembung Sidoarjo.

Kegiatan berlangsung mulai tanggal 10 s.d 13 Oktober 2022 di Alam terbuka. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini, dibagi menjadi 4 Kelompok Besar yang terdiri dari masing-masing 4 – 5 kwartir ranting dengan peserta tiap Kwarran sebanyak 80 orang yang terdiri dari 30 orang Pembina Siaga, 40 orang Pembina Penggalang dan 10 orang Pembina Penegak dan 20 orang pembina prasiaga untuk 2 hari pertama , sehingga jumlah total keseluruhan peserta sebanyak 1.440 orang pembina.

Kegiatan yang digawangi oleh Pusdiklatcab Kwarcab Sidoarjo dan Andalan Binawasa ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk terus mendorong upaya pencapaian kuantitas dan kualitas Pramuka Garuda di seluruh Kwartir Ranting dan gugus depan yang ada di bawah naungan koordinasi Kwartir Cabang Sidoarjo.

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda.

Setelah mengajukan permohonan, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan biasanya diselenggarakan bertepatan dengan hari yang bermakna khusus, baik bagi peserta didik tersebut ataupun bagi Gerakan Pramuka, semisal : hari ulang tahun, Hari Pramuka dan lain sebagainya, Pelantikan umumnya dihadiri oleh Tim Penguji, orang tua dan tokoh Pramuka.

Kegiatan Gelang Ajar kali ini menjadi bekal yang sangat penting untuk para pembina agar supaya semakin meningkat pengetahuan dan semangat pengabdiannya dalam mendidik serta membina generasi muda anggota pramuka.

Kontributor oleh : Kak Lilis Suryantin, S.Pd., M.MPd – Wakil Kepala Pusdiklatcab Kwarcab Sidoarjo;

Foto-foto kegiatan oleh : M. Faex Lazim, S.Ikom – Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.