#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Adakan Perkemahan SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo Latih Kemandirian

Pusinfo – Pramuka Luar Biasa atau PLB selama ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gerakan pramuka, sehingga saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus pun dapat merasakan manfaat pramuka dan aktif dalam kegiatan kepramukaan.

Ini tidaklah mudah, sebagaimana yang dilakukan oleh gerakan pramuka SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo yang menggelar PERKAJU alias Perkemahan Kamis Jum’at, tanggal 07 s.d 08/10/2022 di halaman sekolah yang beralamatkan Jl. Pahlawan Gang TMP Dayu Sidokumpul Kwadengan Barat Lemahputro Kec. Sidoarjo.

“Mari Kita Tingkatkan Semangat Pantang Menyerah, Kemandirian, Kebersamaan Dan Jiwa Korsa” menjadi tema sekaligus semangat pelaksanaan kegiatan Perkaju kali ini. Kepala Sekolah SLB AC, Purwanto menjelaskan, bahwa kegiatan kali ini difungsikan guna memupuk karakter kepribadian, rasa kepedulian, peningkatan disiplin serta keterampilan dan juga kemandirian anggota pramuka berkebutuhan khusus.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak itu akan semakin gemar pramuka serta mampu melatih kemampuan dan keterampilan anak berkebutuhan khusus dalam hal kebersamaan, kemandirian, kerja sama satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat dilatih melalui berbagai macam kegiatan kepramukaan, semisal pendirian tenda, PBB, Sandi Morse dan yang lainnya.

Kegiatan Perkaju SLB AC Dharma wanita sidoarjo diikuti oleh peserta sebanyak 28 pramuka siaga dan 44 pramuka penggalang, dimana seluruh peserta merupakan anggota pramuka Tunagrahita (C). Dalam pelaksanaannya, pramuka siaga hanya mengikuti kegiatan upacara pembukaan dan kegiatan setengah hari saja, berbeda dengan pramuka penggalang yang mengikuti kegiatan sampai selesai di hari Jumatnya.

Dalam kegiatan Perkemahan Kamis dan Jumat ini juga dihadiri oleh Komunitas Pecinta Satwa Sidoarjo “Owl Pride of Sidoarjo”. Komunitas yang kehadirannya dengan membawa berbagai jenis hewan ini memperkenalkan secara langsung kepada adik-adik pramuka berkebutuhan khusus tentang bagaimana cara merawat dan mencintai Satwa.

Kontributor oleh : Kak Tri Astutik, S.Pd., MM – Pembina Pramuka SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.