#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Bekali Materi Bahaya Napza Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo Adakan PTA

Pusinfo – Gerakan Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo mensinergikan profil pelajar pancasila dengan menyelenggarakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Pramuka Penegak yang dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu tanggal 08 s.d 09 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 110 peserta yang terbagi menjadi 14 sangga.

Profil Pelajar Pancasila yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Budaya Riset Teknologi (Kemendikbudristek) adalah upaya pemerintah dalam membentuk karakter pelajar pancasila dengan mengusung karakter diantaranya adalah Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar kritis, Mandiri, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia.

Soekemi Riadi ST. M.Pd. selaku waka kurikulum di SMK Plus Nahdlatul Ulama Sidoarjo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang setiap tahun dilaksanakan dan juga wujud nyata dari implementasi kurikulum merdeka.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan wajib setiap tahun. Saya juga mengingatkan kepada peserta untuk menjaga sholatnya, kesehatannya karena kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari.” Imbuhnya dalam sambutan upacara api unggun.

Banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, dimulai dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan materi-materi yang kepramukaan, diantaranya materi tentang AD/ART Pramuka, UU Gerakan Dasar Pramuka nomor 12 tahun 2010, Pengenalan Ambalan, Kepengakan serta Pramuka Garuda. Tidak hanya itu, peserta juga dibekali materi tentang bahayanya Napza (Narkoba, psikotropika dan zat adiktif) oleh Tim Penyuluh dari BNN Sidoarjo. Hari pertama diakhiri dengan kegiatan malam Gebyar Api Unggun yang menampilkan pentas seni dari seluruh peserta maupun panitia.

Di hari kedua pada Minggu pagi, peserta dengan semangat mengikuti senam pagi yang dipimpin oleh panitia dan langsung dilanjut dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Dimana peserta dibagi menjadi 2 kelompok kegiatan, yakni kelompok revitalisasi tanaman di Perumahan Bluru Permai RT 03 RW 11, dan kelompok bersih-bersih di masjid Al-Ikhlas Perumahan Bluru Kidul.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan saya berharap agar ini tidak berhenti sampai sini saja tetapi bisa tetap terus dilanjutkan dan menyebarkan manfaat ditempat lain juga.” ucap suwarno selaku ta’mir masjid Al-Ikhlas.

Kegiatan PTA ini selesai pada pukul 11.00 ditutup dengan upacara penutupan disertai dengan pengukuhan peserta sebagai anggota pramuka penegak di SMK Plus NU Sidoarjo dengan Ambalan KH. Wachid Hasyim dan Fatmawati. Peserta diharap dari kegiatan ini kedepannya bisa mengamalkan ilmu yang telah didapatkan serta mampu mewujudkan 6 profil pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya baru pertama kali ini ikut kegiatan kayak gini. seru banget apalagi waktu gebyar api unggun. Ini pengalaman baru yang sangat berkesan. Banyak ilmu yang saya dapatkan dan bisa saya praktikkan. Semoga kedepannya Pramuka SMK Plus NU bisa semakin maju dan sukses.” ucap Ilham salah satu peserta kegiatan PTA kali ini.

Kontributor oleh : Kak Ayunda & Kak Cahya – Anggota Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.