#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

Lantunan Sholawat Nabi, Warnai Orientasi Tamu Ambalan Pramuka SMA AVISENA Jabon

Pusinfo – Pramuka itu Serba Bisa, karena terbiasa multi talenta. Berbagai keahlian yang bersifat hard skill maupun soft skill diajarkan serta dipelajari di pramuka. Uniknya lagi, semuanya ini diberikan melalui metode yang asyik dan menarik, sehingga tidak membosankan. Seperti halnya yang dilakukan oleh gerakan pramuka gugus depan 05.001 – 05.002 pangkalan SMA Avisena Kwartir Ranting Jabon.

Hari Kamis hingga Jumat (6 – 7/10/2022) telah melaksanakan kegiatan Orientasi Tamu Ambalan atau yang lebih dikenal dengan OTA. Kegiatan yang langsung didampingi oleh para kakak Pembina (Kak Seger dkk) ini berlangsung sangat meriah, terbukti seluruh peserta mengikuti kegiatan OTA dengan penuh semangat dan kompak dalam menyelesaikan berbagai macam rangkaian kegiatan kali ini.

Kegiatan yang merupakan ritual wajib bagi calon-calon pramuka penegak yang berpindah dari golongan penggalang ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan pramuka produktif, diantaranya membuat berbagai macam masakan oleh masing-masing sangga yang terdiri dari sangga perintis, pencoba, pelaksana, penegas, pendobrak. Berbagai macam menu masakan disajakan ala pramuka, namun yang menarik adalah tatkalan proses pembuatan masakan, melalui kegiatan memasak kali ini setiap anggota sangga diajarkan bagaimana membangun kekompakan dan menjadi semangat kebersamaan.

Yang menarik lagi dalam kegiatan OTA kali ini adalah adanya kirab Mabigus serta para kakak pembina dan pengurus Dewan Ambalan Gatut Kaca – Srikandi yang dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Kamabigus upacara pembukaan kegiatan OTA. Peserta juga diajak untuk kegiatan di alam terbuka melalui Jelaja Desa sekitar pangkalan.

Tak hanya itu, peserta juga dibekali dengan materi PPGD – Pertolongan Pertama Gawat Darurat dan PBB bertongkat. Hal ini dimaksudkan agar seluruh peserta didik memiliki kepedulilan yang tinggi terhadap berbagai macam kejadian dan peristiwa di masyarakat sekaligus sebagai bekal menolong orang lain berkaitan dengan kemanusiaan dan kesehatan.

Selepas ibadah sholat maghrib secara berjamaah, kegiatan diteruskan pembacaan sholawatan Nabi secara bersama-sama sekaligus sebagai peringatan hari kelahiran Nabi besar Muhammad SAW. Kegiatan malam yang sangat dinanti-nanti juga pelaksanaannya, yakni Api unggun gembira yang diisi penta seni oleh masing-masing sangga. Selepas seluruh sangga menampilkan kreasi seninya masing-masing, acara dilanjutkan dengan renungan malam.

Pada kegiatan kali ini juga dilakukan upacara pelantikan pindah golongan peserta kegiatan dari pramuka penggalang menjadi tamu penegak, hal ini merupakan prosesi sekaligus penanda bahwa seluruh peserta telah resmi berpindah golongan menjadi golongan penegak. Sebelum upacara penutupan kegiatan, dilaksanakan kegiatan olah raga bersama dan OutSAG alias Outdoor Scout Activity Game, berbagai macam fun game diberikan kepada peserta untuk membangun keberanian, kemandirian dan kekompakan serta kerja sama tim antar anggota sangga.

Kegiatan seperti ini menjadi pengalaman baru bagi setiap peserta, dimana semenjak 2 tahun berselang kita semuanya tidak bisa berkegiatan oleh karena adanya Pandemi Convid -19. Namun saat ini kegiatan-kegiatan di alam terbuka telah diberikan kemudahan-kemudahan pelaksanaannya, mengingat hampir sebagian besar kegiatan pramuka adalah kegiatan di alam terbuka. Selamat berkarya, adik-adik ambalan Gatut Kaca – Srikandi gerakan pramuka gugus depan 05.001 – 05.002 pangkalan SMA Avisena Kwartir Ranting Jabon.

Kontributor oleh : Kak Seger, BG – Pembina pramuka SMA Avisena Kwartir Ranting Jabon;

Editor oleh : tim redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.