#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Pesta Siaga & LT 1 Pramuka SDN Sepande

Pusinfo – Dalam 2 hari berturut-turut dislenggarakan kegiatan pesta siaga dan Lomba Tingkat 1 gugus depan Sidoarjo 03.043 – 03.044 Pangkalan SDN Sepande. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 30 September 2022 pk. 07.00 s.d 11.00 WIB untu pesta siaganya, dilanjutkan dengan Lomba Tingkat 1 s.d 01 Oktober 2022 di sekolah.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala SDN Sepande yang juga sebagai Kamabigus yakni Kak Mujahidin, S.Ag, M.Pd.I berlangsung dengan kemeriahan khas pramuka siaga dan penggalang. Dipandu langsung oleh pembina pramuka Kak Musis, Kak Yanto dan Kak Maya serta melibatkan penuh seluruh dewan guru SDN Sepande, kegiatan pesta dan kompetisi pramuka siaga dan penggalang kali ini diawali dengan upacara pembukaan.

Pesta siaga kali ini diisi dengan materi ketangkasan anggota perindukan siaga, materi ketangkasan terdiri dari kegiatan : meniti, merangkak, melompat dan melempar. Kali ini peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Tidak berhenti sampai disini, kegiatan juga masih menantang peserta untuk mengikuti, diantaranya kegiatan Game puzzle, menggunting dan menempel.

Permainan Rangking 1 (BS), Permainan gembira dan makan bersama juga mewarnai kekompakan masing-masing anggota barung untuk saling berkompetisi sehat, sebagai rangkaian terakhir yakni uacara penutupan dan pembagian Hadiah sebagai bentuk apresiasi atas upaya terbaik dari setiap barung.

Tak kalah menarik dengan kegiatan pesta siaga, para anggota regu pramuka penggalang juga berkompetisi melalui kegiatan Lomba Tingkat setelah pesta siaga usai. Hanya saja untuk pramuka penggalang kali ini digunakan sistem menginap semalam di sekolah. Ini juga sebagai sarana pembelajaran kemandirian dan keberanian untuk peningkatan kerja sama tim antar anggota regu serta pembelajaran beradaptasi dalam suasana serta lingkungan yang tidak seperti biasanya.

Paska kegiatan upacara pembukaan Lomba Tingkat I, dimulailah berbagai macam materi kompetisi yang diantaranya : Sandi Morse, Semaphore, Peta pita, Tali temali, PBB bertongkat, Api unggun dan senam pramuka. Untuk membangun kebersamaan dan kekompakan tim juga dilaksanakan kegiatan makan bersama seluruh regu yang mengikuti kegiatan Lomba Tingkat I kali ini.

Sebelum diakhiri dengan upacara penutupan dan pengumuman kejuaraan, dilaksanakan juga kegiatan penjelajahan sekaligus untuk menguji pemahaman peserta akan tanda jejak yang selama ini telah diajarkan pada latihan rutin.

Kontributor oleh : Kak Musis Pembina Pramuka pangkalan SDN Sepande;

Editor oleh : Tim redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.