#RebrandingPramuka Berita Info Kwarran

Totalitas Setiap Regu dalam Unjuk Kreasi Seni

Lomba Tingkat 1 Gerakan Pramuka Gudep 15.019 – 15.020 Pangkalan SDN Punggul 2

Pusinfo – Ada yang berbeda dari biasanya, pada lomba tingkat 1 Gudep 15.019 – 15.020 Pangkalan SDN Punggul 2 tahun 2022 kali ini. Hal ini nampak pada antusias peserta yang ikut kegiatan ini. Semangat mereka tidak hanya pada lomba teknik kepramukaan saja, namun juga dibidang kreasi seni mereka benar-benar menyiapkan diri secara totalitas.

Yang biasanya setiap regu mempersiapkan diri tampil apa adanya, tidak dengan kali ini sebab semua regu dalam unjuk kreasi seni berusaha menampilkan yang terbaik. Ini nampak mulai dari kostum hingga properti yang mereka gunakan. Sehingga pentas seni kali ini menjadi lebih semarak dan sangat meriah. Secara analisa sederhana, bisa jadi hal ini dikarena pada masa pandemi tidak ada kegiatan, sehingga kegiatan kali ini menjadi pengobat rasa rindu bergiat bersama seluruh anggota pramuka.

Kegiatan yang didahului dengan upacara pembukaan ini dan dibuka secara langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 15.019-15.020 yang sekaligus sebagai Kepala SDN Punggul 2 Kec. Gendangan, yakni Kak Elly Rochmani, S.Pd., M.Si, Sabtu (24/09/2022) dihalaman sekolah.

Dengan mengambil tema kegiatan “Beriman, Mandiri, Berprestasi”, kegiatan kali ini diikuti 215 peserta pramuka penggalang. Kegiatan kali ini dikemas dengan sifat kegiatan yang Edukatif, Produktif, Kreatif, Rekreatif dan Inovatif dengan berbagai macam lomba yang dilaksanakan, utamanya teknik kepramukaan sebagai bentuk evaluasi latihan selama ini.

Selain itu, kegiatan kali ini dilaksanakan dengan sistem menginap PERSAMI atau Perkemahan Sabtu dan Minggu. Hal ini dilakukan sekaligus memberikan pengalaman kepada peserta untuk belajar lebih mandiri dan bekerja sama dengan anggota regu yang lainnya. Pengalaman tersebut nantinya akan sangat berdampak pada usia dewasa mereka nantinya.

Sedangkan fungsi utama dari kegiatan kali ini adalah untuk melakukan seleksi regu terbaik yang nantinya akan mengikuti Lomba Tingkat II ditingkat Kwartir Ranting Gedangan. Melalui lomba tingkat I kali ini diharapkan agar setiap peserta juga mampu bertindak dan berperilaku sebagaimana yang telah dituntunkan dalam Dasa Darma dan Tri Satya gerakan pramuka.

Kontributor oleh : Kak Iben – Pembina Pramuka SDN Punggul 2 Kec. Gedangan

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.