#RebrandingPramuka Berita

LAGA Perdana, Bekali Life Skill Lilin Aroma Terapi Dari Minyak Jelantah

Latihan Antar Gugus Depan Anjangsana – LAGA Perdana Kwartir Cabang Sidoarjo

Pusinfo – Jangan hanya bicara kegiatan yang sudah terprogram, mari meningkat dalam kancah pengabdian dengan berkegiatan mandiri dalam pendanaan serta bekali peserta didik dengan ilmu kehidupan – life skill. Semangat ini betul-betul diterapkan oleh pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam Korps Protokol Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo Delta Tunas Jenggala atau KKP Tatunggala yang menjadi unit kerja Dewan Kerja Cabang Sidoarjo.

Konsep Swabina, Swakelola dan Swaguna menjadi sistem kegiatan yang sudah menjadi hal umum didunia penegak pandega dengan istilah Dari, Oleh dan Untuk pramuka penegak dan pandega itu sendiri. Dengan seperti ini, pramuka penegak dan pandega akan terus learning by doing disetiap pengalaman keilmuan kehidupan yang mereka dapatkan. Tak ayal, secara kemampuan diri mereka melebihi teman-teman seusianya yang tentunya tidak terlibat aktif dalam kegiatan kepramukaan.

Hal ini dipraktekkan dalam kegiatan LAGA (Latihan Antar Gugus depan Anjangsana), Minggu 25 September 2022 di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo. Diikuti oleh lebih dari 28 orang pramuka penegak dan pandega perwakilan dari gugus depan se-Kwartir Cabang Sidoarjo.

Kegiatan yang digagas oleh Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC, CPS ini rencananya akan diselenggarakan setiap bulan sekali diminggu keempat dengan materi life skill sebagai bekal setiap anggota pramuka penegak dan pandega untuk menjalani kehidupannya dimasa dewasa nanti.

Kegiatan LAGA Perdana kali ini dipandu langsung oleh kak Indah Yuliati, SE yang sehari-hari bertugas sebagai staf Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo. Dengan memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan utama pembuatan lilin aroma terapi. Sebagaimana kita ketahui bersama, kencenderungan membuang minyak jelantah bahkan sebagai limbah yang dikala diberikan sedikit sentuhan kreatifitas keilmuan, akhirnya mampu dimanfaatkan dan memiliki nilai guna yang tinggi, bahkan secara ekonomis dapat menjadi sumber pemasukan yang tidak dapat diremehkan nilai nominalnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, hampir secara menyeluruh peserta puas dan mengapresiasi LAGA perdana kali ini, bahkan menghendaki kegiatan yang semisal digelar kembali secara rutin dengan tema keilmuan serta ketrampilan yang berbeda, hal ini serasa gaung bersambut sejalan dengan konsep digelarnya kegiatan dimaksud. Selain mendapatkan keilmuan, secara pendanaan mandiri terbilang sangat murah biaya kegiatan yang dibebankan kepada peserta, namun sarat dengan ilmu, pengalaman dan jaringan serta peserta akan mendapatkan sertifikat kegiatan sebagai apresiasi penghargaan. (Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.