#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

Kreasi Dari Limbah Kardus Ramaikan PTA MA Islamiyah

Penerimaan Tamu Ambalan Gudep 03.109 – 03.110 MA Islamiyah Tanggulangin Di Candi

Pusinfo – Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Gudep 03.109 – 03.110 MA Islamiyah Tanggulangin Di Candi dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 September 2022 dan bertempat di Bumper Dlundung, Trawas Mojokerto. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap 1 tahun sekali ini dibuka oleh Kak Ibrahim Nauval, SS mewakili Kamabigus. Kegiatan PTA tahun ini diikuti sejumlah 82 peserta yang terdiri dari 76 peserta kelas 10 dan 6 peserta kelas 11 yang terbagi dalam 2 sangga putra dan 8 sangga putri 8 sangga.

Mengawali kegiatan PTA kali ini, seluruh peserta diajak untuk  pemantapan PBB bertongkat yang dibimbing langsung oleh kakak panitia. Paska kegiatan ishoma, peserta diberikan materi tentang makna lambang ambalan Kihajar Dewantara – Dewi Sartika, mulai dari warna jingga yang bermakna semangat dan kehangatan sampai dengan jumlah segi 10 yang bermakna dasa dharma. Kemudian peserta diberikan bekal pengetahuan tentang kesakaan dan survival skill yang berguna saat berkemah di alam terbuka.

Pada giat Hasta Karya, para peserta setiap sangga membuat kreasi dari limbah kardus bekas yang dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna. Di sini para peserta dilatih untuk bersikap kreatif, inovatif, dan percaya diri dalam mempresentasikan hasil karya masing-masing. Hasil karya tersebut nantinya akan menjadi nilai tambahan untuk gelar sangga tergiat.

Sebagai materi terakhir dalam kegiatan PTA tahun ini, Kak Manaf mengemas materi kali ini menggunakan metode sesi sharing bersama. Para peserta diajak tanya jawab tentang materi kepenegakan dan kode kehormatan pramuka. Dinginnya malam menjadi semakin hangat dan gayeng karena antusiasme peserta dan keseruan dalam penyampaian materi.

Upacara api unggun menjadi kegiatan penutup dari hari pertama pelaksanaan PTA tahun ini. Upacara api unggun ini diikuti secara khidmat oleh seluruh peserta. Pembacaan butir-butir Dasa Dharma membuat malam itu terasa sangat menyentuh hati. Setelah upacara api unggun selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan seni oleh masing-masing sangga.

Dihari kedua, sebagai pelengkap kegiatan PTA 2022, para peserta mengikuti fun game yang terdiri dari pipa bocor, estafet bola, estafet tongkat, dan pemindahan pemimpin. Keseruan dalam fun game dilanjutkan dengan penjelajahan dari bumi perkemahan sampai ke air terjun Dlundung.

Upacara penutupan menjadi kegiatan pamungkas kali ini sebelum kembali ke Sidoarjo, “Semoga PTA tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini. Dan semoga setelah pulang dari sini kita bisa jadi pribadi yang jauh lebih baik lagi”, ucap Kak Bagus selaku pembina satuan Pramuka MA Islamiyah dalam amanatnya menutup kegiatan kali ini.

Kontributor : Kak Abdul Manaf – Wakil Sekretaris Kwarran Candi;

Editor : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.