Cerianya Study Lingkungan Pramuka Prasiaga TK DWP Popoh Wonoayu

Pusinfo – Hari ini, Sabtu 22 Juli 2023 sedari pagi suasana TK Dharma Wanita Persatuan Desa Popoh Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo yang terletak di Jl. Karya Indah Industri No. 2 berdekatan dengan Balai Desa Popoh dan pemukiman warga sudah mulai nampak.

Pukul 07.30 WIB, anak-anak tiba di sekolah dengan disambut oleh ibu guru yang hari ini nampak berbeda dari biasanya. Apa pasalnya ? .. Sebab para guru TK DWP Popoh kali ini mengenakan seragam pramuka lengkap sebagai seorang kakak pembina pramuka. Tak hanya itu, satu persatu ibu guru memakaikan atribut perlengkapan pramuka, seperti hasduk, topi pramuka dan identitas nama anak kepada masing-masing peserta didik TK DWP Popoh yang hari ini mereka mengawali menjadi pramuka prasiaga.

Tatkala bel masuk berbunyi, anak-anak dengan antusias berlarian untuk berbaris di depan halaman sekolah. Baris berbaris kali ini di pimpin oleh temannya sendiri secara bergantian, selanjutnya mereka membacakan Pancasila, menyanyikan Indonesia raya, dan gerak lagu sentuhan yang juga ditirukan oleh semua anggota pramuka prasiaga ini.

Lalu, anak anak masuk ke dalam kelas untuk duduk secara melingkar dan melaksanakan berdoa bersama yang di dampingi ibu guru dan kakak-kakak pembina pramuka . Secara bergantian retelah itu mereka satu persatu memperkenalkan diri didampingi oleh kakak-kakak pembina Pramuka.

Menariknya, setelah selesai berkenalan kemudian anak anak diajak untuk menuju ke halaman sekolah dan berbaris rapi sebagaimana kereta api. Para pramuka siaga ini di ajak ibu guru dan kakak-kaka pembina Pramuka jalan-jalan untuk mengenal lingkungan yang ada disekitar sekolah.

Selama perjalanan berkelilinga, nampak para pramuka prasiaga ini sangat antusias sekali melihat berbagai makhluk ciptaan Alloh SWT yang terhampar di kanan dan kiri jalan yang dilalui. Ada burung merpati, burung Lovebird, dan berbagai macam tanaman. Ada juga tanaman singkong dan bermacam-macam sayuran yang ditanam oleh para petani. Mereka pun sangat antusias menyebutkan, mulai dari sayur sawi, sayur kangkung bahkan terong serta buah sawo dan pepaya.

Baca Juga  Aksi Pramuka Selamatkan Bumi di MPLS SMA Wachid Hasyim 2 Taman

Kegiatan ini merupakan study lingkungan anggota pramuka prasiaga gugus depan yang berpangkalan di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Popoh Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan dengan kegiatan ini adik-adik dapat lebih mengenal lingkungan sekitarnya dengan berbagai kelebihan dan keunikan yang ada di masyarakat pedesaan. (Red)

Kontributor Kegiatan : Kak Sumarliyah – Pembina Prasiaga TK DWP Popoh;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *