#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

Suara Keberagaman Indonesia Warnai OTA 2K22

Kegiatan Orientasi Tamu Ambalan Pramuka SMKN 3 Buduran tahun 2022

Pusinfo – Mengambil motto kegiatan Early Revival After PandemicBangkit Lebih Cepat Paska Pandemi, gerakan pramuka gugus depan pangkalan SMKN 3 Buduran mengadakan kegiatan Orientasi Tamu Ambalan – OTA 2K22, Jum’at & Sabtu, 02 s. 03 September 2022 bertempat disekolah dengan diikuti oleh sekitar 460 orang peserta. Acara dibuka langsung oleh Kepala SMKN 3 Buduran selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan – Kak Drs. Eko Budi Agus Priyatna. Dengan diadakannya kegiatan OTA 2K22, diharapkan para peserta memiliki rasa tanggung jawab, kepemimpinan dan disiplin supaya menjadi pandu-pandu tangguh ketika nantinya terjun ke masyarakat.

Kegiatan penerimaan tamu pramuka penegak kali ini mengambil tema unik yakni Voice Of Diversity IndonesiaSuara Keberagaman Indonesia. Yang diimplementasikan dalam kegiatan karnaval ambalan pada hari kedua pelaksanaan kegiatan dengan rute yang dimulai dari pintu gerbang SMKN 3 Buduran berkeliling disekitar perumahan dan kampung yang ada di kanan kiri Sekolah. Hal ini guna mendorong kreatifitas seluruh peserta OTA 2K22 sekaligus mengenalkan budaya Indonesia sebagai budaya luhur warisan nenek moyang hebat kita.

Kegiatan OTA 2K22 merupakan acara tahunan yang senantiasa diadakan, setelah 2 tahun vakum menyelenggarakan OTA 2K22 dengan penanggung jawab kegiatan kali ini adalah Kak M. Iwan Aliaddin. Ini adalah awal kebangkitan gugus depan pangkalan SMKN 3 Buduran dalam berkegiatan kepramukaan. Dalam kegiatan kali ini tak lupa juga dilaksanakan upacara api unggun dan diiringi scout performance dari peserta yang menampilkan berbagai macam atraksi seni dan unjuk kebolehan yang salah satunya adalah kegiatan kobar api dan diiringi petasan saat api unggun menyala.

Pada pelaksanaan kegiatan kali ini para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tertib dan memiliki antusias yang tinggi didalam setiap sesi kegiatan, karena ini menjadi ciri khas bahwa Pramuka tidak pernah mengenal lelah. Seluruh rangkaian menjadi sangat menarik oleh sebab dijadikan sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran termasuk didalamnya kegiatan Sapu Ranjau alias kegiatan bersih-bersih sampah yang ada disekitar lokasi kegiatan. Hal ini sebagai wujud tanggung jawab edukasi kepada seluruh peserta didik.

Kegiatan Tamu Ambalan adalah bagian dari proses yang dijalani oleh tamu pramuka penegak melalui pindah golongan penggalang ke penegak. Proses ini sebagai bagian dari pembelajaran bagi setiap peserta bahwa mereka sudah memasuki masa sebagai anggota dewasa muda yang memiliki berbagai tanggung jawab yang harus mereka jalani. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam buku Rovering to Succes karya besar Baden Powell, bahwa : “Secara khusus, seorang pramuka penegak diekspektasikan tidak hanya berpikir bersih akan tetapi juga berkehendak bersih. Ia tidak boleh sembrono, mampu memberikan teladan sebagai pribadi yang bersih dan jujur dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Darma kesebelas dan merupakan peraturan tak tertulis adalah “Pramuka tidak bodoh” (a Scout is not a fool). Sebagai seorang penegak, tidak lagi belajar menjalankan dasa darma namun telah benar-benar menjalankannya sebagai panduan sikap sehari-hari.

Kontributor : Kak Farrel Putra Baskara – Gugus depan pangkalan SMKN 3 Buduran Kwartir Ranting Buduran

Editor : Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.