#RebrandingPramuka Info Gudep Info Kwarran

Tanamkan Disiplin Guna Membangun Karakter

Gugus Depan 01.155 – 01.156 Pangkalan MTsN 1 Sidoarjo Gelar Kegiatan Orientasi Tamu Penggalang Tahun 2022

Pusinfo – Gerakan Pramuka Indonesia merupakan organisasi yang menjadi wadah pengembangan dan proses pendidikan generasi muda berkarakter. Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak dan pekerti luhur.

Sabtu – Minggu, (02 s.d 03/09/2022) gugus depan 01.155-01.156 pangkalan Pramuka MTsN 1 Sidoarjo menggelar kegiatan Orientasi Tamu Penggalang (OTP) tahun 2022 yang dikemas dalam kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini diikuti oleh lebih kurang 300 peserta yang berasal dari seluruh peserta didik kelas 7 di halaman utama MTsN 1 Sidoarjo. Kegiatan ini mengusung tema “Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan”.

Pada hari pertama peserta OTP menerima materi kepramukaan dan fun game untuk melatih kerja sama tim, toleransi dan kepedulian terhadap sesama. Malam harinya, peserta OTP menampilkan beberapa kreatifitasnya dalam pentas seni dan api unggun bersama. Tentunya kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan bagi peserta OTP 2022. Pada hari kedua, peserta OTP mengikuti kegiatan senam bersama dan pemberian penghargaan regu tergiat dalam upacara penutupan kegiatan.

Kepala MTsN 1 Sidoarjo yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan – Kak Achmad Saifullah dalam sambutannya menegaskan bahwa berperilaku disiplin adalah kunci utama dalam segala hal. “Harapan saya dengan kegiatan ini peserta didik mampu menanamkan sikap disiplin sehingga dapat menciptakan karakter, khususnya bagi seluruh anggota pramuka di MTsN 1 Sidoarjo agara menjadi lebih baik, unggul, cemerlang dan berakhlakul karimah,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkap Kak Ida Puspitorini, “Kegiatan ini berlangsung sebagai wadah yang baik dan ideal untuk medapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan sebagai seorang individu sehingga tercipta pribadi yang berkarakter serta berakhlak mulia,” ujar kak Rini selaku Waka Kesiswaan yang juga anggota Mabigus turut mendampingi kegiatan tersebut.

Kontributor : Kak Ida Puspitorini – Anggota Mabigus pangkalan MTsN 1 Sidoarjo Kwartir Ranting Sidoarjo

Editor : Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.