#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

JELAJAH DESA DAN SUNGAI WARNAI LT – 1 MTsN 2 SIDOARJO

Pusinfo – Ada yang berbeda di halaman Gugus Depan Sidoarjo 09-055 dan 09-056 pangkalan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 (MTsN 2) Sidoarjo pada Jumat siang (26/08/2022), terdapat 20 tenda berdiri di halaman sekolah. Tenda-tenda tersebut didirikan oleh siswa kelas tujuh MTsN 2 Sidoarjo yang pada ada hari ini sedang mengadakan Lomba Tingkat I (LT – 1) sebagai ajang perlombaan-perlombaan antar regu.

Usai melakukan registrasi, para peserta melanjutkan kegiatan dengan upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) Kak Agus Suwito. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh anggota Pramuka MTsN 2 Sidoarjo agar mengikuti LT – I dengan semangat pramuka yang membara, jiwa pramuka adalah jiwa-jiwa yang pantang menyerah dan akan selalu melakukan hal terbaik untuk kehidupannya.  Anggota pramuka MTsN 2 Sidoarjo harus selalu berprestasi di segala bidang, imbuhnya.

Kegiatan LT – 1 ini adalah kegiatan perlombaann pramuka yang pertama yang dilakukan setelah adanya pandemi Covid 19. Materi perlombaan teknik kepramukaan antar regu kali ini diantaranya yakni : sandi kotak, morse, semaphore dan KIM. Setelah lomba teknik kepramukaan, dilanjutkan dengan kompetisi menyanyi Hymne Pramuka beregu dan hasta karya pembuatan kreasi hand bucket atau hantaran.

Kegiatan pada hari pertama ini belum berakhir pada jam tersebut, karena peserta harus mengikuti kegiatan materi kepemimpinan. Pada kesempatan ini Kak Kambali selaku Waka Kesiswaan memberikan materi mengenai kepemimpinan. Usai dilakukan pembekalan mengenai kepemimpinan dilanjutkan dengan pentas seni dan api unggun pada pukul 21.00. Pentas seni dan api unggun ini diisi oleh pertunjukan dari semua kelas. Nampak peserta sangat antusias pada bagian ini. Banyak tampilan pada pentas seni ini, diantaranya dance, menyanyi lipsink, tarian modifikasi, dan menyanyi.

Hari ke-dua, dilanjutkan dengan kegiatan OUTSAG – Outdoor Scout Activity Game dengan jelajah mengelilingi desa Junwangi. Pada kegiatan kali ditujukan untuk mengenal lingkungan sekitar sekolah. Selain jelajah desa juga dilakukan kegiatan Jelajah Sungai. Peserta memasuki sungai dengan tujuan membersihkan sungai dari sampah-sampah. Usai dilakukan jelajah sungai acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan kembali mengelilingi desa untuk Kembali ke sekolah. Pada hari yang sama Ketua Kwartir Ranting Krian, Lukman Hadi hadir seraya memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta.

Pada kunjungan tersebut, beliau mengatakan bahwa Kegiatan Lomba Tingkat I adalah kegiatan berkelanjutan yang ditujukan sebagai persiapan di Lomba Tingkat II. Dengan telah terlaksananya LT – I di MTsN 2 Sidoarjo, Kak Lukman mengharapkan bahwa Pramuka MTsN 2 Sidoarjo dapat berpartisipasi dalam LT – II yang akan dilaksanakan pada 16 – 18 September di Sasana Krida jatijejer Kec. Trawas.

Salah satu peserta dari kelas 7A, Fajrin mengatakan meskipun capek namun kegiatan yang ada di LT I sangat menyenangkan dan memberikan banyak ketrampilan. Dia dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang selama ini belum dia lakukan bersama teman-temannya. Usai penjelajahan, peserta melakukan bongkar tenda dan bersiap untuk upacara penutupan. Upacara ditutup oleh Mabigus MTsN 2 Sidoarjo Kambali. Dalam upacara tersebut beliau mengatakan, diharapkan dengan selesainya LT – I peserta mempunyai kedisiplinan dan bertanggung jawab, selain itu peserta juga mempunyai ketrampilan baik secara individual maupun kelompok, kemudian diharapkan dari kemampuan yang didapat dari LT – I ini juga peserta mampu mengimplementasikan ketrampilan tersebut di kehidupan dan lingkungan peserta sehingga tercipta  siswa yang berkarakter dan siap terampil di ajang yang lebih luas.

Kontributor : Kak Nafiah

Editor : Redaksi Pusinfo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.