#RebrandingPramuka Berita DKC

Diskusi Produktif, Dorong Kebangkitan Penegak

Diskusi bersama pelatih pembina pramuka penegak Warning bagi para pembina dan pelatih !

Pusinfo – Ditengah kesibukan, para Pelatih pembina pramuka penegak Kwartir Cabang Sidoarjo berkumpul bersama di Sanggar Bakti Pramuka Sidoarjo, Jum’at 02/09/2022 pukul 14.00 s.d 16.00 WIB. Setelah sekian lama hanya dapat berkomunikasi melalui WAG sebagai media sosial yang menjadi sarana komunikasi serta diskusi berbagi pengalaman. Turut hadir pula adik-adik DKC dan tim Korps Protokol Pramuka Kwarcab Sidoarjo.

Dipandu oleh Wakil Ketua Kwarcab bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Kak DR. Abdul Munif MM sebagai pembuka dengan sambutan awalan dari Wakil ketua Kwarcab bidang Saka dan Pramuka Produktif, Kak Dr. H. Ekorejo, M.Pd. yang dalam penyampaiannya beliau menegaskan bahwa perlunya memperluas jangkauan Pramuka Produktif, sehingga mampu mendorong setiap gugus depan untuk lebih banyak menghasilkan sumber daya manusia yang optimal serta perlunya upaya untuk merealisasikan produktifitas pramuka dalam suatu output nyata, apakah hal itu berupa suatu produk ataupun bekal enterpreneurship bagi peserta didik yang kekinian.

Hadir pula 2 narasumber kegiatan kali ini, yakni Kak Uays Hasyim, SE., MM selaku Kapusinfocab Sidoarjo sekaligus Pembina Pramuka Penegak dan Kak Ifa Kusnani, S.Pd selaku andalan cabang urusan pembinaan anggota dewasa putri. Dalam pemaparannya, Kak Uays Hasyim menyampaikan berbagai temuan lapangan di gugus depan dan 3 permasalahan pokok gerakan pramuka, yakni Scout Promotions, Scout Packaging dan Scout Cauvinisme. Hasil riset lebih dari 23 tahun yang selama ini dilakukan di gugus depan melalui pembinaan pramuka, utamanya ditingkat penegak.

Hal senada disampaikan oleh Kak Ifa Kusnani, bahwa salah satu yang dapat menjadi tolok ukur pramuka produktif adalah keaktifan dan keefektifan Satuan karya yang ada di Kwarcab Sidoarjo yang dewasa ini dirasa masih kurang terlihat gregetnya. Kalaupun ada, cenderung belum maksimalnya penerapan krida di masing-masing satuan karya. Jika Satuan karya berdaya maka karya-karya yang mampu diproduksi dapat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Dalam hal potensi pramuka produktif di gugus depan perlu adanya pemahaman bersama dari seluruh pemangku kebijakan dan kegiatan kepramukaan. Dorongan Majelis Pembimbing akan semakin memberikan daya bagi peningkatan produktifitas pramuka di setiap gugus depan. Secara tidak langsung, selama ini kebijakan oleh Majelis Pembimbing di gugus depan masih dirasa membutuhkan peningkatan lebih agar gerak dan langkah kegiatan kepramukaan di gugus depan dapat lebih mampu bersinergi dengan seluruh masyarakat. Pramuka produktif harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai bentuk penerapan tribina dalam gerakan pramuka, utamanya bina masyarakat sekaligus sebagai wujud bakti pramuka kepada masyarakat secara luas. (Red)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.