SIAP 2K23 Kompetisi Sehat Wujudkan Pramuka Hebat

Pusinfo – SIAP (Semangat Kreasi Pemuda Penggalang), merupakan event eksternal yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Scout MANSDA. Berbeda dari tahun sebelumnya, SIAP 2K23 kali ini diselenggarakan secara full offline, bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo.

Setelah melakukan serangkaian pendaftaran, peserta lomba SIAP 2K23 berkumpul pada Minggu (07/05/2023) di MAN Sidoarjo. Adapun enam cabang lomba yang diperebutkan juaranya, yaitu LKBB, Jingle, Scout Chef, Mini Pioneering, Mading 3D, Pidato Dasa Darma, dan Poster digital.

Sejak pagi, para peserta lomba sudah bersiap dan berbaris rapi untuk mengikuti apel pembukaan. Setelahnya, masing-masing diarahkan untuk menuju area perlombaan yang berbeda sesuai cabangnya. Seluruh peserta terlihat bersemangat mengerahkan segala kemampuan mereka untuk memberikan yang terbaik dalam kompetisi kali ini.

“Kegiatannya seru dan asyik. Ada banyak lomba yang bisa diikuti, jadi makin tertantang jiwa berkompetisinya,” tutur salah satu peserta asal SMPN 2 Sidoarjo.

Menjadi salah satu Lomba Pramuka Penggalang tingkat SMP/MTs sederajat segerbang KERTASUSILA (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan), membuat sekolah-sekolah terbaik di setiap daerah unjuk gigi untuk menunjukkan kemampuan mereka pada lomba SIAP 2K23 ini, diantaranya dari MTsN 1 Sidoarjo, SMP PGRI 9 Sidoarjo, SMPN 1 Buduran Sidoarjo, MTsN 3 Sidoarjo, SMPN 2 Sidoarjo, SMP YPM 4 Bohar, dan SMPN 1 Bangil.

“SIAP 2K23 ini merupakan ajang melatih serta meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian. Saya rasa, semua itu mampu tercapai melihat antusiasme dari seluruh peserta lomba,” ucap Andini, selaku Ketua Pelaksana SIAP 2K23.

Suksesnya penyelenggaraan lomba SIAP 2K23 ini, menjadi salah satu penyemangat bagi para panitia, siswa-siswi MAN Sidoarjo yang tergabung dalam Scout MANSDA, untuk dapat menciptakan inovasi-inovaso mata lomba dalam SIAP 2K24.

“Semoga dalam lomba SIAP tahun depan, baik panitia maupun peserta bisa lebih semangat dan ceria lagi, sehingga mampu mencapai tujuan diadakannya SIAP ini,” harap Kak Roni, selaku Pembina Scout MANSDA.

Berikut kami sampaikan daftar pemenang lomba SIAP 2K23 yang diadakan oleh Pramuka MAN Sidoarjo, yakni :

JUARA UMUM : SMPN 1 Buduran

THE BEST DANTON : SMPN 1 Bangil

JUARA UTAMA 1 :

  • Regu Garuda 1 (PA)
  • Regu Kelapa 2 (PI)

JUARA UTAMA 2 :

  • Regu Garuda 2 (PA)
  • Regu Kelapa 1 (PI)

JUARA UTAMA 3 :

  • Regu Rajawali (PA)
  • Regu Melati (PI)

Kegiatan kompetisi seperti ini, mulai tampak menggeliat seiring kelonggaran melaksanakan paska pandemi. Menjadi salah satu sarana untuk mengasah kemampuan kepramukaan yang selama ini dipelajari di gugus depan.(Red).

Kontributor oleh : AS-NS/Jurnalistik – Pramuka MAN Sidoarjo;

Editor oleh : Tim Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo;

1 thought on “SIAP 2K23 Kompetisi Sehat Wujudkan Pramuka Hebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *