#RebrandingPramuka Berita Info Racana

144 TAMU RACANA PRAMUKA KHATULISTIWA BERSEMI SETELAH PANDEMI

Penerimaan Tamu Racana Pramuka Khatulistiwa Pangkalan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo – UNUSIDA

Pusinfo – Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang terus bergerak memberikan kontirbusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Pendidikan Kepramukaan merupakan sebuah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan serta pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Demikian juga yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka Racana K.H Hasyim Asyari dan Nyai Siti Khadijah Dachlan pangkalan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo – UNUSIDA.

Melalui proses Penerimaan Tamu Racana Pramuka Khatulistiwa, Sabtu – Minggu tanggal 27 s.d 28 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Pramuka Sidoarjo Tanjekwagir Kecamatan Krembung Sidoarjo. Dengan mengambil tema “Bersemi setelah pandemi” kegiatan dibuka oleh Kak Wahyu Maulida Lestari, M.Pd. selaku Pembina Gugus Depan sekaligus dosen UNUSIDA. Diikuti oleh 144 peserta, diharapkan para peserta yang mengikuti Penerimaan Tamu Racana kali ini dapat menambah wawasan terkait pramuka di ranah perguruan tinggi sehingga para peserta dapat lebih aktif dalam mengikuti UKM Pramuka Khatulistiwa UNUSIDA.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan menerima secara resmi mahasiswa baru sebagai tamu racana di Racana K.H Hasyim Asyari dan Nyai Siti Khadijah Dachlan UNUSIDA. Kali ini diselenggarakan di alam terbuka di Bumi Perkemahan kebanggaan Pramuka Sidoarjo sebagai bentuk penerapan metode kepramukaan yakni kegiatan dialam terbuka, selain itu tempat kegiatan dipilih dikarenakan selain sangat representatif juga tidak terlalu jauh, serta terjangkau.

Seluruh peserta secara bersama-sama mendirikan tenda di sebelah barat pendopo bumi perkemahan, rangkaian kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan ruang terbuka yang ada disekitar pendopo bumi perkemahan, selain itu kegiatan dilakukan secara tatap muka dan dilaksanakan dengan penuh semangat oleh peserta. Hal ini menjadi pengalaman tersendiri bagi seluruh peserta kegiatan kali ini, secara langsung mereka menerapkan sistem pembelajaran pramuka learning by doing – belajar sambil melakukan sekaligus merupakan sebuah proses penempaan diri bagi seluruh panitia dan peserta.

Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kader generasi pramuka yang berjiwa patriotisme dan berkarakter sehingga mampu menjadikan generasi penerus bangsa yang berkomitmen pada Pancasila serta menambah wawasan yang luas mengenai UKM Gerakan Pramuka Khatulistiwa yang ada di UNUSIDA.

Kontributor : Kak Fakhrur Rozy, S.Or., S.Pd.I., M.Pd., Aifo

Editor : Redaksi

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.