#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

DORONG HASILKAN PENEGAK GARUDA, SMANIVDA SCOUT ADAKAN PENTA

Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka SMA Negeri IV Sidoarjo

Pusinfo – Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SMA Negeri IV Sidoarjo, Sabtu s.d Minggu 30 – 31 Juli 2022 mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan atau PENTA yang diikuti lebih dari 400 anggota pramuka, calon penegak yang sekaligus siswa baru. Kegiatan ini dilakukan dengan sistem berkemah di sekolah selama 2 hari 1 malam.

Hadir Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo, Kak DR. H Mustain Baladan, M.Pd.I membuka secara langsung kegiatan PENTA kali ini. Dalam sambutannya, beliau berharap dari jumlah 400 lebih calon penegak ini, seminimalnya 20 anak saja sebagai anggota ambalan harus bisa lanjut sampai dengan menjadi Pramuka Garuda dan hal ini diaminkan oleh seluruh peserta upacara pembukaan PENTA.

Sebuah harapan yang sangat masuk akal, ditengah era dorongan untuk kebangkitan pramuka penegak di wilayah kwarcab Sidoarjo. Sejalan dengan itu, beberapa gugus depan juga telah melaksanakan kegiatan yang sama, meski nama dan tema kegiatannya berbeda-beda. Kehadiran Kak Mustain, demikian beliau karib dipanggil, tentunya menjadi penyemangat bagi kakak-kakak pembina dan adik-adik peserta kegiatan.

Pihak sekolah juga sangat berterima kasih pada Kwartir cabang atas perhatianya dengan hadir dalam kegiatan kali ini, ini merupakan wujud komitmen dan perhatian yang luar biasa guna berkolaborasi kembali memajukan gerakan pramuka di Sidoarjo. Dalam kegiatan kali ini, berbagai macam materi baik yang bersifat teknik kepramukaan maupun pembangunan karakter calon penegak diberikan kepada peserta yang disampaikan oleh tim pembina pramuka SMA Negeri IV Sidoarjo.

Dalam penyampaiannya, Kak Warsini selaku Pembina Gugus Depan mengatakan bahwa kegiatan ini juga menjadi ajang bagi melatih kemampuan adik-adik ambalan didalam mengelola dan mengatur sebuah kegiatan. Ini menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka bagaimana memanage sebuah kegiatan dengan peserta yang lumayan banyak. Pengalaman ini setidaknya nanti akan membuat adik-adik semakin memiliki keahlian dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pramuka yang lainnya dimasa yang akan datang.

Dalam kesempatan berbeda, kak Seger Santoso, BG, MT juga memberikan bekal kemampuan ketrampilan tali temali. Kali ini adik-adik diajarkan bagaimana membuat ketrampilan atau kerajinan pembuatan gelang tangan, nampak sekali antusiasme adik-adik didalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, materi kepenegakan juga diberikan oleh kakak pembina gugus depan.

Rangkaian kegiatan lainnya yakni api unggun menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh adik-adik, sebab dalam acara ini adik-adik dapat menunjukkan bakat dan kreasi seni mereka untuk ditampilkan didepan seluruh peserta kegiatan. Selain itu juga diisi dengan renungan malam sebagai sarana untuk refleksi diri bagi semua yang terlibat pada kegiatan kali ini, selain sebagai wujud rasa syukur atas berjalan lancarnya seluruh kegiatan PENTA Smanivda Scout. (Kontributor-Kak Warsini)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.