Pelantikan Pramuka Garuda, Tutup Giat Akhir Tahun 2022 Kwarcab Sidoarjo

Pusinfo – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo kembali menyelenggarakan pelantikan Pramuka Garuda. Sebanyak 190 Pramuka, yang terdiri dari 3 orang pramuka penegak, 50 orang pramuka penggalang, 137 orang Pramuka Siaga dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. Setelah mengajukan permohonan, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan.

Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan diwawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat. Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda.

Pelantikan kali ini diselenggarakan bertepatan dengan hari Ibu – 22 Desember 2022 di Bumi Perkemahan Kwartir Cabang di Tanjekwagir Kec. Krembung Kabupaten Sidoarjo. Turut hadir pula orang tua dari seluruh peserta yang juga ikut menyaksikan peristiwa bersejarah bagi setiap peserta didik.

Momen yang menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi peserta sekaligus sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan mereka menyelesaikan berbagai macam ujian serta tantangan selama menyelesaikan SKU dimasing-masing tingkatan dan Syarat-syarat Pramuka Garuda.

Kegiatan kali ini dipimpin langsung oleh Kakak Wakil Ketua Kwarcab Bidang Binamuda – Kak Dr. NG Tirto Adi M.Pd selaku Pembina Upacara yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Turut hadir pula Kakak Wakil Ketua/Ketua Harian – Kak Dr. H. Mustain Baladan, M.Pd.I yang juga ikut menyematkan Tanda Pramuka Garuda kepada peserta yang dilantik.

Paska rangakaian upacara penyematan, seluruh peserta dipersilahkan untuk melakukan sungkeman kepada orang tuanya masing-masing sebagai wujud bakti mereka kepada orang tua. Hal ini juga merupakan bagian dari implementasi slogan Pramuka Garuda yaitu “Setia – Siap – Sedia”, Setia senantiasa dalam jalan kebaikan dengan bersiap sedia selalu untuk patuh, taat dan berbakti kepada kedua orang tua, agama, nusa dan bangsa. (Red)

Dokumentasi kegiatan oleh : Kak Tony & Kak Lukman H – Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.