Berita

Be a Scout, Be Prepared

Pusinfo – Sebagaimana diajarkan oleh Bapak pramuka dunia – Baden Powell, salah satunya terkenal dan mendunia dengan slogan Be Prepared, yang maknanya bahwa seorang pandu atau Pramuka tidak pernah terkejut; dia tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi.

Begitu juga dengan Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, memiliki arti pasukan terdepan. Istilah ini dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Namun, sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan HB IX dari kata Poromuko, yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Seorang Pramuka setidaknya harus mampu menerapkan Dasa Darma dan Tri Satya, Dwi Darma dan Dwi Satya dalam kehidupannya sehari-hari. Berikut kami akronimkan Pramuka sebagai berikut :

P-ersonality atau Kepribadian, melalui Pramuka diajarkan bagaimana membangun Good Personality atau Kepribadian yang baik. Kepribadian yang memberikan banyak manfaat kepada sesama masyarakat.

R-esponsibility atau Tanggung Jawab, Tri Tanggung Jawab yang harus dipahami setiap anggota pramuka, yakni tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa dan Negara dan Keluarga.

A-ktualisasi atau Memaksimalkan semua potensi diri, untuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

M-orality atau Standart Perilaku seorang anggota adalah Darma dan Satya yang tertuang dalam Dasa Darma, Dwi Darma, Trisatya dan Dwi Satya yang menjadi standart moral perilaku bagi setiap anggota untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan kesehariannya.

U-niversalitas atau Umum dan berlaku untuk semua orang ini tercermin dalam persaudaraan setiap anggota pramuka diseluruh dunia.

K-arakter atau Budi pekerti dan perilaku bagi setiap anggota pramuka diaplikasikan dalam setiap pendidikan dan pelatihan guna mendorong terbentuknya karakter utuh manusia paripurna.

A-kselerasi atau Proses peningkatan percepatan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Melalui proses ini, mereka akan memiliki kemampuan di atas rata-rata manusia pada umumnya.

Inilah sebuah akronim pramuka, semoga dapat membukakan pemikiran kita didalam memajukan dan mengambangkan gerakan pramuka dimanapun kita berada. (Disusun dan ditulis oleh Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo – Kak Uays Hasyim)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.