Berita

PERSIAPKAN REBRANDING PRAMUKA PENEGAK

(Pertemuan Serumpun Pelatih Penegak Kwarcab Sidoarjo)

Pusinfo – Secara data diatas kertas, jumlah Pelatih Pramuka rumpun Penegak di Kwartir Cabang Sidoarjo berjumlah ± 23 orang Pelatih dengan kualifikasi KPD dan KPL. Sesungguhnya ini bisa dibilang jauh dari Ideal komposisi manakala dibandingkan dengan jumlah Pembina dan Peserta didik Pramuka tingkat Penegak.

Namun demikian, tidak menyurutkan langkah para pelatih untuk mengadakan Pertemuan Serumpun atau Perumpun Pelatih. Hari ini, Senin tanggal 28 Februari 2022 dipenghujung bulan kedua tahun 2022, di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo walaupun hanya dihadiri 5 orang Pelatih rumpun Penegak, acara Perumpun tetap berjalan dengan cukup gayeng.

Agenda Perumpun Pelatih Penegak kali ini, bermusyawarah menyusun kepengurusan Pelatih Rumpun Penegak. Selayaknya budaya di Pramuka, permufakatan akhirnya menunjuk Kak M Fadli yang sekaligus Purna Ketua DKC Sidoarjo tahun 1995 s.d 1998. Sebagai Wakil Ketua Kak Sri Mujiyanah, Sekretaris Kak Uays Hasyim, Wakil Sekretaris Kak Farida, Bendahara Kak Warsini dan Wakil Bendahara Kak Ifa Kusnani dimana seluruh Pelatih rumpun Penegak menjadi anggotanya.

Peserta Pertemuan Serumpun Pelatih Penegak Kwarcab Sidoarjo)

Diskusi semakin asyik meskipun suasana dingin akibat diguyur hujan di pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo. Perumpun Pelatih Penegak kali ini menorehkan beberapa kesepakatan dan rekomendasi, diantaranya :

  1. Pertemuan Pelatih Pramuka rumpun Penegak akan dilaksanakan setiap bulan sekali;
  2. Pertemuan kedua akan dilaksanakan pada Minggu Ketiga bulan Maret 2022;
  3. Disepakati adanya Circle Perumpun, yakni : (1) Pertemuan Pelatih – (2) Pertemuan Pelatih dengan Pembina Penegak – (2) Pertemuan Pelatih dengan Pembina dan anggota Pramuka golongan Penegak;
  4. Didalam pertemuan Pelatih & Pembina Pramuka Penegak akan dilakukan koordinasi dan pembahasan Pendampingan sebaran Pembina Gugus Depan tingkatan Pramuka Penegak, Koordinasi dan mendorong pembinaan Calon Pramuka Penegak Garuda serta Berkolaborasi menyusun Kurikulum Latihan Kepenegakan dengan tetap mengacu Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka tingkat Penegak;
  5. Berkoordinasi secara intens dengan Pusdiklatcab terkait hasil Perumpun yang nantinya dituangkan dalam rekomendasi usulan arah kebijakan peningkatan sistem pembinaan untuk Pramuka tingkat penegak;
  6. Mendorong peningkatan bina masyarakat yang terukur dan terpublikasi dengan baik untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan tingkat penegak.
  7. Membentuk Eagle rover & ranger scout role model – Gugus Depan Percontohan Pramuka Penegak Garuda sebagai pilot project di wilayah Kwartir Cabang Sidoarjo seminimalnya 4 gugus depan ditingkat Penegak, dengan komposisi 2 gugus depan sekolah negeri dan 2 gugus depan sekolah swasta.

Upaya-upaya yang digagas oleh para pelatih pramuka rumpun penegak kali ini diharapkan dapat mendorong upaya #Rebranding Pramuka Darjo terutama pada pramuka tingkatan Penegak yang selama ini masih belum tergarap secara maksimal. Tentunya hal ini akan didukung sepenuhnya dengan potensi publikasi melalui media publikasi yang dimiliki oleh Kwartir Cabang Sidoarjo, baik website, media cetak, radio maupun media sosial lainnya. (Pusinfo-UH)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.