SEJUTA KENANGAN DI MULAI DARI SINI

BERSAMA GUYUB RUKUN 4 PURNA JAMBORE NASIONAL 91 JAWA TIMUR

Baru saja riuh gempitanya digelar dengan sangat meriah, kegiatan itu adalah Guyub Rukun ke 4 Purna Jamnas 91 Jawa Timur. Guyub Rukun adalah sebuah kegiatan tahunan yang merupakan salah satu program kerja Pengurus Daerah Purna Jamnas 1991 Jawa Timur. Guyub Rukun 4 dilaksanakan di Sasana Krida Jatijejer (SKJJ) Trawas Mojokerto. Yang diikuti oleh Purna Jamnas 1991 dari seluruh Nusantara yang berjumlah 105 peserta. Diantaranya Kontingen Jawa Timur hampir seluruh Koncab, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Medan, Jambi, Ambon, dan Papua. Kegiatan ini dipandegani oleh kepanitiaan Kontingen Sidoarjo yang diketuai oleh Amir Aslichin dan dibantu sepenuhnya oleh Pengda Jawa Timur. Rangkaian kegiatannya di mulai dari pelepasan di Sanggar Kwarcab Sidoarjo oleh Kak Kusdianto selaku Sekretaris Kwarcab Sidoarjo, dilanjutkan menuju area tambak di Jabon untuk mencicipi sajian makanan khas Sidoarjo yaitu Bandeng, udang windu dan mujaer yang di olah berbagai masakan yang lezat dan bersantap ditepian tambak dengan semilir angin yang menggoda, lalu peserta diajak ke SKJJ Trawas Mojokerto untuk bergiat disana.

Guyub Rukun 4 yang di gelar pada 5-6 Februari 2022, memang sempat tertunda hampir 2 tahun, yang disebabkan karena adanya pandemi covid 19. Hingga pada akhirnya kegiatan GR4 ini bisa terlaksana dengan sangat sukses luar biasa. Para peserta puas dengan sajian acara yang greget menyenangkan, tim pemadam kelaparan pun tak henti hentinya menjamu peserta, benar-benar ramah diperut.  Kerja keras panitia terbayar dengan melihat kesuksesan acara yang digelar.

Dari pramuka kita berjumpa, Tunas Kelapa pengikat rasa…. itulah cuplikan bait Mars Guyub Rukun yang menggugah semangat jiwa untuk berjumpa menjalin tali silaturahmi. Memang benar berawal dari tidak saling mengenal satu sama lain, hingga kini keakraban, kerukunan terjalin bagaikan saudara. Dari ujung Pulau Sumatera hingga Pulau Papua kita “Bersatu Bersaudara Mandiri” (BBM) seperti jargon Jamnas 1991 ketika itu. Para Purna Jamnas 91 sering menyebut dengan Salam BBM.

Guyub Rukun ke 4 ini dikemas dengan konsep perkemahan murni dan kegiatannya tidak meninggalkan aroma kepenggalangan. Peserta diajak untuk bernostalgia berkegiatan di alam terbuka untuk mengingat kembali saat-saat menjadi seorang Penggalang yang tangkas dan trengginas. Diantara kegiatan yang disajikan pada GR 4 adalah outbound yang di pandu oleh tim Dinas Psikologi AL, jurit malam, api unggun sebagai malam keakraban, olah raga, semaphore, Pengetahuan umum kepramukaan, sayonara time. Namun begitu tak lupa tetap mengangkat kearikan lokal Kabupaten Sidoarjo yaitu belajar ketrampilan cabut duri bandeng yang merupakan makanan khas kota Sidoarjo serta memasak kebab yang di sponsori oleh Babarafi. Tim Acara sangat memanjakan peserta dengan berbagai kegiatan yang unik dan menarik. Sehingga meninggalkan kesan yang mendalam bagi para peserta. Keramahan Jawa Timur sangat bisa dirasakan hingga tak mungkin bisa dilupakan.

Purna Jamnas 1991 ini adalah sebuah organisasi resmi sehingga terdapat struktur kepengurusan ditiap daerahnya. Kebetulan Guyub Rukun ke 4 didalamnya dikemas pula kegiatan Pemilu Raya untuk memilih Gubernur PJ 91 Jawa Timur. Para kandidat terpilih yaitu Hari Sumartono Koncab Bojonegoro, Pramu Hartanto Koncab Surabaya, F.R. Margaretha Koncab Madiun. Ketiga nya adalah calon kuat yang nantinya akan memimpin Jawa Timur menjadi lebih makmur. Dari ketiga calon diatas, Hari Sumartono mendapat suara terbanyak dari pemilihan online dan offline. Sehingga secara otomatis Hari Sumartono terpilih sebagai Gubernur PJ91 Jawa Timur selama periode 4 tahun kedepan dari tahun 2022 – 2026. Gubernur PJ 91 Jawa Timur dan kabinetnya langsung di lantik oleh Pengurus Pusat PJ 91. Semoga Gubernur PJ 91 terpilih dan kabinetnya bisa amanah mengemban tugas dipundaknya. Selamat dan sukses untuk Kak Hari Sumartono Koncab Bojonegoro.

Selamat dan sukses kepada seluruh panitia yang telah berhasil menggelar acara tahunan Guyub Rukun 4 PJ 91 Jawa Timur. Kesuksesan bukan milik pribadi namun milik kita bersama. Bukan AKU, bukan KAMU, tapi KITA. Bersama KITA BISA.. Sampai Jumpa di Guyub Rukun 5 tahun 2023 yang rencananya akan di gelar di Banyuwangi Jawa Timur. Go Go Go BWI…. !!!! (Pusinfo – Hermy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.