Berita

GERAKAN PRAMUKA ANGGOTA KOMITE PRAMUKA ASIA PASIFIK 2022 – 2028

Sumber : Instagram Scout APR

Konferensi pramuka kawasan asia-pasifik ke 27 di hari kedua telah memilih anggota komite. Gerakan pramuka menjadi salah satu anggota komite yang di wakili kak Brata Tryana hordjosubroto. Kak brata merupakan Andalan Nasional Komisi Kerjasama Luar Negeri masa bakti 2018-2023. Keseluruhan anggota komite terdiri dari 5 negara perwakilan peserta konferensi, dengan 9 kandidat anggota Asia-Pasific Regional (APR) Scout untuk periode 2022-2028.

Pemilihan kandidat ini menjadi salah satu agenda pada 27th APR Scout Conference di hari kedua. Diketahui bahwa tema yang diusung dalam 27th APR Scout Conference adalah Adapting to a Changing World. Tema ini dinilai sangat cocok, sesuai dengan adanya pandemi global, yang membuat kita harus berpikir di luar kebiasaan dan membuat Pramuka semakin kreatif dan futuristik.

Peserta konferensi ini terdiri dari delegasi dan observer, setiap National Scout Organization (NSO) berhak mendaftarkan maksimal enam delegasi dan maksimal 14 pembina/scout leader sebagai observer. Dengan Peserta konferensi berjumlah 550 orang dari 29 negara anggota APR.

Agenda dalam konferensi ini antara lain APR Youth Forum, Course for Leader Trainers, Chief Scout Executive Meet and Special Gathering, APR Scout Foundation Fellowship, International Commissioners, Chief Commissioners, Global Scout Communications Network, International Cultural Night, dan APR Palaver.

Dalam pembukaan konferensi, kak akhmad rusdi yang merupakan ketua Asia-Pasifik, menghargai semangat luar biasa dari pramuka di berbagai negara dalam menghadapi covid-19. Ini juga menjadi awal sejarah bagi pramuka asia-pasifik, bahwa konferensi dilaksanakan secara online. Dan akan berlangsung dari tanggal 15 – 21 februari 2022 dengan host berada di kantor Asia.

Delegasi Gerakan Pramuka Indonesia dipimpin Sekjen Kwarnas Kak Bachtiar yang didampingi tiga wakil ketua Kwarnas, yaitu Kak Berthold Sinaulan, Kak Budi Prayitno dan Kak S Puryono. Sejumlah Andalan Nasional menjadi delegasi dan observer, yaitu Kak Brata Hardjosubroto, Kak Paulus Tjakrawan, Kak Sigit Mulyono, Kak Triadi Suparta, Kak Untung Widyanto, Kak Laiyin Nento, Kak Saul Saleky, Kak Rio Ashadi, Kak Henny Andries, Kak Rio Sidauruk, dan Kak Agus Ridho, serta Kak Deden Syefrudin. Sedangkan dari unsur DKN adalah Adik F Manan, Adik Vildy Zuhlis, dan Adik Raihan M Sunjaya. (Pusinfo-AA)

Sumber : Instagram Scout APR dan Kwarnas Gerakan Pramuka

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.