Pelantikan Bantara dan Laksana SMK YPM 5 Sukodono, Penuh Kebersamaan dan Kekeluargaan

Pusinfo – Diawal bulan juli kali ini, Gerakan Pramuka Pangkalan SMK YPM 5 Sukodono melaksanakan kegiatan diklat bantara & laksana dengan tema “Menjadi Insan Yang Mandiri Disiplin Cekatan Cinta Alam dan Humanis”. Kegiatan ini terselenggara berdasarkan program kerja Dewan Ambalan yang bertujuan agar anggota tetap semangat berkegiatan dalam melatih kedisiplinan dan kebersamaan.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 3-4 juli 2024 di PPKA Indreng Genitri Claket Pacet, dengan total peserta berjumlah 28 orang. Kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk melantik anggota untuk bantara & laksana. Hal ini tertanam dalam jiwa dan sanubari setiap anggotanya, terutama hal ini adalah pramuka golongan penegak.

Dalam sambutannya kak Drs. H. Abdul jamil, MM selaku Kamabigus berharap, melalui kegiatan ini diharapkan agar dikemudian hari para anggota pramuka dari pangkalan SMK YPM 5 Sukodono berupaya menerapkan dasa darma dalam kehidupan sebagai janjinya sehingga menjadi suri tauladan untuk lingkungan dan siswa-siswi lain setelah pedidikan ini terselenggara.

Bagi penegak berkegiatan di alam terbuka adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Dapat memasak sendiri, mengekspresikan diri serta menjadi ajang untuk berbagi ide bersama anggota sangga yang lainnya.

Dengan metode pembelajaran Learning by doing. Setiap peserta melakukan observasi dan mendapatkan penjelasan dari kepala PPKA Indreng Genitiri. Selain itu juga mendaki menjadi kegiatan yang paling di tunggu. 2 kali melakukan pendakian di gunung sumber bulus pukul 14.15 -16.00 Wib sebagai upaya pengenalan metode lintas medan, keesokan harinya ke puncak puthuk kentongan pukul 06.30 – 10.55 Wib untuk metode basic skill dan pelantikan Penegak Bantara.

Kegiatan lain yang menjadi fokus adalah bagaimana seorang pramuka penegak mampu dalam memanagement resiko dan team work. Refleksinya penegak diajak untuk memecahkan masalah yang terjadi saat ini. [RED]

Kontributor Berita : Nimas Azimatur Rochmah – Pradana Putri ;

Pewarta Pusinfo : Agus Andrianto – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo ;

Baca Juga  Kak Subandi Lantik Mabiran dan Pengurus Kwarran Sedati Masa Bakti 2022 s.d 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *