Serunya Giat Gladian Pemimpin Regu Kwarran Waru, Cetak Calon-calon Pemimpin Muda Baru

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Kwartir Ranting Waru kembali mengelar kegiatan Dianpinru atau Gladian Pemimpin Regu, 25-26/06/2024 bertempat di SMP Negeri 2 Waru. Kegiatan ini diikuti oleh Adik-adik pramuka penggalang tingkatan SD/MI dan SMP/MTs se-Kwartir Ranting Waru.

Kegiatan kaderisasi calon-calon pemimpin muda di pramuka ini dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Waru Kak Sri Widanarti, S.Pd., M.Si dan diikuti oleh 46 orang pramuka penggalang dari pangkalan SD/MI dan 42 orang dari pangkalan SMP/MTs. Kegiatan Dianpinru kali ini dilaksanakan secara riang gembira, diawali dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dinamika kelompok, dan membuat yel-yel kelompok, selanjutnya melaksanakan sholat Ashar.

Di bawah terik matahari yang menyengat, semangat adik-adik pramuka penggalang tetap menyala dengan penuh riang gembira mengikuti kegiatan Dianpinru. Dengan langkah tegap, seakan tidak sabar untuk segera bertemu dengan teman-teman dari berbagai sekolah baik negeri atau swasta di Kecamatan Waru. Membaur untuk selanjutnya berbagi informasi diri dan membangun persaudaraan bakti.

Dalam kesempatan kali ini, adik-adik peserta Dianpinru mendapatkan materi tentang Motivasi yang disampaikan oleh Kakwarran Waru, kemudian lanjut dengan materi Struktur Organisasi Pramuka. Mereka juga dibekali dengan materi kepenggalangan dan Kepemimpinan.

Yang tak kalah menariknya, kegiatan ini dikemas sebagaimana perkemahan pramuka pada umumnya, adik-adik juga diajak untuk berapi unggun ria, sembari unjuk tampilan secara spontan dari tiap-tiap kelompok atau regu dan dilakukan renungan atau refleksi diri bagi seluruh peserta Dianpinru kali ini.

Hari kedua tatkala waktu menunjukkan pukul 04.00 Adik-adik dibangunkan untuk melaksanakan salat subuh secara berjamaah. Kegiatan senam pagi dilanjutkan dengan berbagai permainan menarik menjadi agenda kegiatan yang harus mereka ikuti setelah sholat subuh. Pada sesi permainan bersama regunya masing-masing, para peserta terlihat antusias, senang dan bergembira. Baru kemudian disambung dengan acara sarapan pagi dengan menu nasi goreng dengan telur dadar spesial.

Baca Juga  Bekali Dengan Water Rescue, Pramuka Khatulistiwa Unusida Gelar Penerimaan Tamu Racana

Kegiatan Dianpinru ini kemudian ditutup dengan refleksi, dimana beberapa adik-adik dari perwakilan peserta diminta untuk memberikan kesan dan pesan selama mereka mengikuti kegiatan Dianpinru kali ini. Mereka mengatakan bahwa banyak sekali yang dapat dipelajari dari mengikuti kegiatan Dianpinru kali ini. Salah satu di antaranya adalah  belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang baik itu seperti apa.

Dan pelajaran yang sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin adalah mengenal diri sendiri terlebih dahulu baru mengenal karakter orang lain. Karena dengan mengetahui karakter diri sendiri, maka seorang pemimpin akan lebih mudah memahami anak buahnya dalam satu regu. Dan selain memahami karakter anggota yang dipimpin, seorang pemimpin juga harus cakap, terampil,  penuh semangat juga tangguh dalam menghadapi berbagai macam tantangan. [Red]

Kontributor Berita : Sri juhariyah, S.Pd – Andalan Binamuda Kwarran Waru;
Kontributor Foto : M. Zuli Rochman, S.Psi, – Andalan Binamuda Kwarran Waru;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *