Latih Kepemimpinan Pramuka Gen Z, Kwarran Krian Adakan Dianpinsa dan Bentuk DKR

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Gladian Pimpinan Sangga atau Dianpinsa tahun 2024 sebagai Kawah Candradimuka bagi pramuka penegak dan pandega digelar oleh Kwarran Krian dengan tema “Membentuk Jiwa kepemimpinan yang Berkualitas di Era Gen Z“ dilaksanakan selama dua hari, 26-27/06/2024 bertempat di SDN Tambak Kemeraan Krian Sidoarjo diikuti oleh 29 peserta.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan jiwa kemadirian bagi para Pimpinan Sangga atau Pinsa dan Wakil Pimpinan Sangga atau Wapinsa. Kak Ely Mufidah selaku Ketua Panitia Dianpinsa mengemas kegiatan ini dengan sangat menarik agar peserta mendapatkan ilmu dengan penuh antusias.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini Kak Hariyanto selaku Waka Binawasa  dan beberapa andalan Kwarran Krian mengikuti upacara pembukaan Dianpinsa yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwarran Krian kak Airlangga Budi Prasetya, Lc.

Momen kali ini menjadi sangat berharga karena diharapkan melalui kegiatan ini para peserta mampu menjadi pemimpin yang berintegritas dan menjadi teladan untuk anggotanya meskipun mereka hidup di era automation economy.

“Ini adalah ajang pelatihan bagi para pimpinan sangga agar mereka nantinya lebih siap dalam memimpin anggotanya, adik-adik juga harus terus meningkatkan kemampuan kepramukaan dan yang paling penting adalah mampu menjadi penggerak untuk orang-orang yang ada disekitarnya dalam berbuat kebaikan sebagaimana terurai dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka”, ujar Kak  Kak Airlangga Budi Prasetya,Lc Ketua Kwarran Krian.

Pada materi pertama, disampaikan tentang Leadership atau Kepemimpinan oleh kak Airlangga Budi Prasetya,Lc yang mengupas tentang Sistem Among – Ki Hajar Dewantara dalam kepemimpinan Pramuka. Sedangkan pada materi kedua diberikan bekal tentang Manajemen Organisasi & Administrasi Dewan Kerja yang dipaparkan oleh kak M. Arif Suma Ir Mawan dan Kak Ainul Yaqin.

Baca Juga  Bangun Jiwa & Karakter Kepemimpinan yang Religius melalui Perkemahan

Melalui kegiatan kali ini juga direncanakan dibentuk Dewan Kerja Ranting Krian masa bakti 2024-2027 sehingga dapat melaksanakan membuat perencanaan program kerja melalui Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera). Kali ini terpilih sebagai Ketua DKR Syafiq Fattah Abdillah dan Wakil Ketua Edinda Ayuningsa Rahma.

Hari kedua diawali dengan sholat subuh berjam’ah  dan dilanjutkan dengan bersih- bersih dilingkungan area perkemahan, tak lupa peserta melaksanakan olah raga pagi dan melakukan berbagai permainan ketangkasan guna melatih kedekatan dan kerjasama antar anggota.  

Dianpinsa kali ini dilaksanakan dengan penuh riang gembira dan sangat menyenangkan, sehingga diharapkan dapat memberikan banyak pengetahuan baru dan membentuk Jiwa kepemimpinan yang berkualitas di era Gen Z sebagaimana tema yang telah diusung. [Red]

Kontributor Kegiatan : Eri Kusumawati, S.Pd – Andalan Ranting Krian;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *