Musppanitera DKR Buduran, Upaya Tingkatkan Produktivitas Karya Pramuka Penegak Pandega

Pusat Data dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Dewan Kerja Kwartir Ranting Buduran menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera) yang dilaksanakan di Aula SMKN 2 Buduran pada Minggu, (10/06/2024). Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Ranting Bidang Binamuda – Kak Bambang Sujatmiko ini diikuti oleh lebih dari 50 orang pramuka penegak dan pandega utusan dari gugus depan sekitar wilayah Kwarran Buduran.

Laporan pertanggung jawaban kali ini disampaikan oleh Ketua DKR Buduran periode sebelumnya, yaitu Kak Aprilia Kusuma Ningrum yang menyampaikan berbagai macam kegiatan yang telah dilakukan. Baik kegiatan yang menjadi program kerja DKR itu sendiri mapun partisipasi kegiatan di Kwartir Cabang, Daerah bahkan Nasional. Disampaikan pula kegiatan-kegiatan yang tidak dapat terlaksana dengan berbagai macam kendalanya. Namun secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan DKR Buduran sebagian besar terlaksana dan senantiasai berpartisipasi kegiatan di jenjang Kwartir diatasnya.

Pelaksanaan kegiatan Musppanitera kali ini dimaksudkan sebagai forum tertinggi musyawarah pramuka penegak dan pandega dengan agenda 3 hal utama, yakni : Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus DKR periode sebelumnya, menyusun program kerja periode selanjutnya dan pemilihan Ketua Dewan Kerja Ranting atau DKR yang baru.

Dalam pelaksanaan Musppanitera juga dilakukan pernyataan Demisioner bagi kepengurusan DKR Buduran masa bakti sebelumnya oleh Presidium selaku pimpinan sidang pleno dan komisi. Sidang komisi dibagi menjadi 2 buah Komisi, yakni Komisi A yang membidangi Tata Organisasi, Tata Peradatan dan Sandi Ambalan Dewi Sekardadu dan Komisi B yang membidangi Rencana Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Buduran masa bakti 2024 – 2027.

Selanjutnya dalam kegiatan ini pula dilakukan penyusunan program kerja yang telah dibahas dalam komisi yang disahkan menjadi rencana kerja DKR Buduran masa bakti mendatang. Melalui Musppanitera ini pula dilakukan pemilihan Ketua DKR Buduran yang didapati 3 orang calon putra dan 3 prang calon putri. Dalam proses pemilihan secara permufakatan akhirnya di tunjuk sebagai Ketua DKR Buduran masa bakti 2024 s.d 2023 adalah Kak Rizki Putra Pradana – perwakilan dari utusan Pramuka STKIP PGRI atau Universitas PDRI Delta Sidoarjo.

Baca Juga  Apa Yang Engkau Cari di Pramuka ...?!?

Paska terpilihnya ketua DKR Buduran yang baru, kemudian presidium melanjutkannya dengan membentuk tim formatur sebagaimana tata tertib sidang yang telah disepakati. Tugas tim formatur kali ini menyusun komposisi Kepengurusan Dewan Kerja Ranting Buduran masa bakti 2024 s.d 2027 dengan memperhatikan keterwakilan dari masing-masing gugus depan yang ada di wilayah Buduran.

Keberhasilan pelaksanaan kegiatan Musppanitera Ranting Buduran kali ini sebagai upaya untuk meningkatkan Produktivitas Karya Pramuka Penegak Pandega yang ada di wilayah Kwartir Ranting Buduran yang terus berupaya untuk lebih optimal keberadaannya. Semuanya tidak pernah terlepas dari kerja sama semua pihak guna mendukung keberadaan DKR Buduran sebagai Badan Kelengkapan Kwartir Ranting. Selamat Berkarya, Jayalah Pramuka Kwartir Ranting Buduran. [Red]

Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *