Lantik Penegak Laksana Didahului Uji Fisik Mental Melalui Napak Tilas Jalan Kaki 10 km

Pusat Data dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Kegiatan kepramukaan di alam terbuka yang menjadi salah satu metode pendidikan bagi setiap anggotanya senantiasa menarik dan menantang. Hal ini juga menjadi wujud kreatifitas dan keberaniaan seorang pembina dalam mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan peserta didik dengan mempertimbangkan berbagai macam resiko berkegiatan di alam terbuka.

Hal ini juga yang dilakukan oleh gerakan pramuka gugus depan 04.087 – 04.088 pangkalan SMK PGRI 1 Porong melalui kegiatan napak tilas ke Taman Dayu Pandaan Pasuruan. Kegiatan yang diikuti oleh 14 orang pramuka penegak putri ini dijadikan sebagai sarana untuk melatih fisik mental mereka sebelum dilantik menjadi pramuka penegak laksana.

Selain itu, para peserta juga dibekali materi pembidikan sasaran menggunakan kompas, sket panorama, menafsir tinggi pohon yang ada dilokasi Taman Dayu Pandaan Pasuruan yang juga areal wisata yang cukup menawan. Tempat ini juga merupakan area favorit bagi para penikmat wisata tematik maupun alam dengan suasana alam yang sangat mendukung untuk bersantai bersama kawan maupun keluarga.

Kegiatan yang laksanakan pada tanggal 23/05/2024 ini di mulai pukul 07.00 sampai dengan 16.00, menempuh jarak ± 10 km dengan dibawah pengawasa kakak pembina pramuka. Meski perjalanan yang dilakukan sangat menguras tenaga bagi peserta, namun demikian tak menyurutkan tekad mereka untuk menyelesaikan tantangan perjalanan kali ini dengan tetap riang dan gembira.

Melalui kegiatan seperti ini, selain sebagai variasi latihan pramuka juga merupaka metode pendidikan kepramukaan di alam terbuka. Banyak manfaat yang didapatkan bagi setiap anggota pramuka, keberanian menghadapi berbagai macam resiko dan tantangan dialam terbuka, kerja sama tim sangga ketika menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi serta berbagai pengalaman selama berkegiatan di alam terbuka menjadi bekal terbaik bagi kesiapan mereka menghadapi masa depan.

Baca Juga  Totalitas Setiap Regu dalam Unjuk Kreasi Seni

“Mengembaralah agar hidupmu bahagia” ujar Baden Powell dalam bukunya Rovering to Succes, selain itu beliau juga menambahkan, bahwa “Jika ingin sukses dan berbahagia, kalianlah yang harus mengusahakannya sendiri. Tidak ada orang lain yang bisa mempersembahkannya untuk kalian”, kalimat-kalimat ini patut kita renungkan. Kesuksesan serta kebahagiaan haruslah diupayakan, meskipun harus dengan mengembara sekalipun. [Red]

Kontributor : Kak Seger Santoso, BG., MT – Pembina Satuan SMK PGRI 1 Porong;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *