KMD Program Khusus, Sasar Penegak Pandega Sebagai Pembantu Pembina Unggul

Pusinfo – Geliat kegiatan Pramuka digolongan orang dewasa kembali bergulir, kali ini menyasar para anggota pramuka dewasa muda, yakni para penegak dan pandega yang aktif menjadi pembina pembantu di gugus depan. Fasilitasi melalui KMD Program Khusus oleh Kwartir Cabang Sidoarjo, Jum’at 26 April 2024 diberlangsungkan Upacara pembukaan yang dilaksanakan di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo – Kak DR. H Mustain Baladan, M.Pd.I ini dikhususkan bagi 50 orang peserta yang sebagian besar masih berusia penegak dan pandega. Hal ini dilakukan fasilitasi kepada mereka yang aktif membina di gugus depan sebagai pembina pembantu.

“Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter, memiliki peranan penting. Melalui KMD program khusus ini diharapkan semakin banyak pembina pembantu yang dapat menjadikan peserta didik nya lebih unggul. Kami juga berharap, melalui KMD ini dapat dijadikan semangat untuk lebih baik lagi dalam membina di gugus depan”, ungkap Kak Mustain membuka acara.

Beliau juga menambahkan, bahwa dalam kategori umur sebenarnya para peserta belum bisa disebut sebagai pembina, hal ini disebabkan karena rata rata usia peserta dibawah 26 tahun, yang kebanyakan masih masuk dalam usia pramuka penegak dan pandega.

KMD program khusus ini diselenggarakan karena banyaknya para pembina pembantu yang aktif membina di gugus depan, namun belum mengikuti KMD. Berdasarkan hal tersebut, sehingga diadakan kegiatan KMD program khusus dimana pesertanya bukan dari unsur guru atau tenaga pendidik.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 7 hari ini, dibawah komando Kak Tri Siswoaji selaku Pimpinan Kursus. Pelaksanaan kegiatan kali ini terbagi pada tanggal 26-28 April 2024 dan 3-5 Mei 2024 dengan tempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Sidoarjo serta Bumi Perkemahan Pramuka Kwarcab Pramuka Tanjek Wagir Krembung.

Baca Juga  Dorong Rebranding Pramuka Melalui Diklat Kehumasan bagi Kwartir Ranting se-Sidoarjo

Melalui kegiatan KMD program khusus ini, semoga para peserta dapat menjadi pembina yang lebih baik lagi dan konsisten didalam membina gugus depan. Setidaknya ilmu dan bekal yang telah diberikan di KMD program khusus ini dapat menjadikan para pembina pembantu semakin memahami peranannya sebagai ujung tombak pembinaan pramuka di gugus depan. [Red]


Kontributor Berita
: Kak Mita Mei Liya, S.AP – Peserta KMD Program Khusus;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *