#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

Bangkitkan Gema Kegiatan Kepramukaan

Kegiatan Lomba Tingkat 1 Gugus Depan Pangkalan SDN Tempel Kwartir Ranting Krian

Pusinfo – Gema kebangkitan kegiatan-kegiatan kepramukaan mulai membahana dimana-mana, seiring mulai melandainya Pandemi Covid – 19. Berbagai macam kegiatan yang selama 2 tahun berjalan tidak dapat terlaksana, kini mulai dilaksanakan dengan gegap gempitanya. Yang paling nampak adalah greget berkemah sebagai salah satu sarana pendidikan, pembelajaran dan rekreasi atau healing bahasa kekiniannya saat ini. Demikian juga dengan gerakan pramuka yang memiliki ujung tombak satuan organik bernama gugus depan.

Tengok saja gugus depan yang berpangkalan di SDN Tempel Kwartir Ranting Krian, Jum’at – Sabtu, 02 s.d 03/10/2022, bertempat di sekolah telah dilaksanakan kegiatan kompetisi bertajuk Lomba Tingkat 1 gugus depan pangkalan SDN Tempel dengan mengambil tema “Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia, Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubhaktikan”. Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Ranting Krian didampingi oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan.

Dalam pesannya, pembina upacara menyampaikan bahwa dengan kegiatan Lomba Tingkat I ini, marilah kita bangkitkan Indonesia. Kebangkitan negara ini ditandai, salah satunya adalah kebangkitan gema kegiatan kepramukaan di gugus depan diseluruh Indonesia. Melalui kegiatan ini pula diharapkan seluruh peserta didik dapat dengan penuh semangat berkomitmen untuk menimba ilmu dan mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka.

Dalam pelaksanaan kegiatan kali ini, paska upacara pembukaan diisi dengan LKBB bertongkat, Pentas seni, penjelajahan, KIM Packing, sandi, PUPP dan permainan beregu yang semuanya dikemas dalam metode kompetisi. Diikuti oleh peserta sejumlah 126 anggota pramuka penggalang, yang terdiri dari siswa kelas 4, 5 dan 6. Dengan diadakannya kegiatan ini di harapkan dapat mampu menghidupkan kembali keceriaan dan semangat berkegiatan pramuka di gugus depan.

Perlu diketahui bersama juga, bahwa kegiatan LT – 1 di setiap gugus depan ini merupakan bagian dari proses penyariangan melalui sistem kompetisi bagi setiap regu untuk menentukan pemenang antar regu, selanjutnya pemenang LT – 1 tersebut akan mewakili ke jenjang LT – 2 ditingkat Kwartir Ranting, demikian seterusnya.

Kontributor : Kak Roybafih – Pembina SDN Tempel Kwartir Ranting Krian

Editor : Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.