Tingkatkan Kualitas Pembina Pramuka Melalui Karang Pamitran Ranting Sukodono

Pusinfo – Kwarran Sukodono selenggarakan Karang Pamitran Ranting Tahun 2024 di Bumi Perkemahan Dam Londo Trawas, 28 – 29 Februari 2024 dengan mengusung tema Membina Karakter Bangsa dengan Inovasi dan Semangat Persaudaraan. Slogan KPR Kwarran Sukodono kali ini Merajut Persatuan dalam Keberagaman, sementara mottonya adalah Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana.

Karang Pamitran adalah wadah pertemuan Pembina Pramuka untuk saling berbagi dan menambah pengetahuan sekaligus juga wadah untuk merajut persatuan dalam keberagaman. Salah satu parameter kemajuan dan keberhasilan Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuannya antara lain dilihat hasil pembinaan oleh Pembina Pramuka. Oleh karena itulah kualitas para Pembina Pramuka harus terus menerus ditingkatkan melalui berbagai wadah kegiatan.

“Salah satu upaya peningkatan kualitas Pembina Pramuka adalah melalui pertemuan besar Pembina Pramuka yaitu Karang Pamitran Ranting”, ujar Kak Muzayidin Selaku Ketua Kwarran Sukodono.

Ditegaskan bahwa Karang Pamitran Ranting Kwarran Sukodono memiliki peran yang penting bagi pengembangan diri setiap tenaga pendidik kepramukaan. Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berkembang cepat, harus diimbangi dengan penyesuaian dan penguasaan. Sehingga mampu melaksanaan pembinaan kepramukaan dengan baik, tepat dan menarik sesuai dengan perkembangan zaman.

Tiap Gugus depan mengirimkan Pembina Satuan Putra dan Pembina Satuan Putri yang merupakan perwakilan dan Gugus depan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK Se Kecamatan Sukodono. Karang Pamitran ini menjadi wadah yang tepat untuk berbagi pengalaman dan menimba ilmu dalam rangka pengembangan Pembinaan Pramuka di Gugusdepan masing-masing.

Agenda dalam Karang Pamitran Ranting Kwarran sukodono diikuti oleh 32 Pembina Satuan Putra dan 29 Pembina Satuan Putri, diajarkan tentang materi yang meliputi Sandi-Sandi, Semaphore, Morse, administrasi Regu, Packing Pribadi dan PBB Bertongkat. Diselingan itu peserta karang pamitran juga bermain wisata tubing di lokasi kegiatan. Kata Kak Yusron Selaku Waka Binawasa Kwarran Sukodono. [Red]

Baca Juga  Penganugerahan Penghargaan Melati dan Panca Warsa di Apel Besar Hari Pramuka ke - 62
Kontributor Kegiatan : Kak F Yusron – Waka Binawasa Kwarran Sukodono;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *