100 Pembina Pramuka Ikuti Gelang Ajar, Sarana Untuk Saling Belajar

PUSINFO – Atraksi Kegiatan Gelang Ajar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo 2023 kembali digelar, Selasa, Rabu 7, 8 November 2023. Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB bertempat di masing-masing eks-Kawedanan di Kabupaten Sidoarjo ini menggunakan metode Semi Lomba dengan base metodhe.

Lebih dari 100 orang Pembina Pramuka terlibat dalam kegiatan ini, dimana setiap eks-Kawedanan menghadirkan Pembina Pramuka Golongan Siaga, Penggalang, Penegak. Kegiatan sebagai upaya untuk memberikan pencerahan kepada pembina Pramuka untuk menyusun program latihan dan mengenalkan lomba dan cara penilaian dalam LT III Kwarcab Sidoarjo.

Selain itu, ajang pertemuan para pembina ini juga dalam rangka memperat rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Selain itu juga untuk membina serta meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kualitas Pembina Pramuka serta menambah wawasan.

Diawali dengan upacara pembukaan kegiatan dan dilanjutkan dengan dinamika kelompok yang digunakan untuk membagi kelas menjadi beberapa kelompok sehingga memudahkan untuk membuat sebuah perlombaan dengan sistem base methode.

Selain dinamika kelompok dengan bermain “Kerang – Mutiara”, kelompok yang sudah dibentuk dibagi menjadi 3 kelompok besar untuk tiga kegiatan. KIM, kompas dan sket panorama. Pos KIM – peserta langsung melaksanakan proses KIM (mengamati – membau – meraba) selam 1 menit dan menulis 30 detik. Setelah beberapa kelompok melaksanakan dan mendapatkan hasil pelatih mereview hasil kegiatan.

Para pembina juga diberikan pengetahuan tentang Kompas, Sket Panorama, Pionering dan Menaksir Tinggi. Peserta diminta untuk membuat pionering berupa jemuran dan rak sepatu dengan 16 tongkat dalam waktu 30 menit. Pelatih memberikan review pionering yang telah dibuat.

Pembagian lokasi Gelang Ajar tersebar se-Kwarcab Sidoarjo, yakni : Kawedanan Sidoarjo, Kawedanan Porong, Kawedanan Krian, Kawedanan Taman. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Lilis Suryatin, S.Pd, M.M.Pd – Wakil Kepala Pusdiklatcab;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *