Ambil Peran Menjadi Tim Kesehatan Gerak Jalan Mojosuro 2023 SBH Sidoarjo Kolaborasi dengan PSC 119

PUSINFO – SBH Cabang Sidoarjo bersama dengan SBH Kwarran Taman berkolaborasi dengan PSC 119 Sidoarjo untuk membuka pelayanan kesehatan di Posko Kesehatan pada gelaran kegiatan Gerak Jalan Mojokerto – Surabaya Tahun 2023 (Sabtu, 04/11/2023). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangkaian peringatan HUT Provinsi Jawa Timur Ke-78 serta menyongsong peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023.

Kegiatan ini menjadi kegiatan perdana setelah sebelumnya tidak diselenggarakan selama massa pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 – 2022. Berdasarkan data dari Dinas Pemuda dan Olah raga Provinsi Jawa Timur tercatat peserta kegiatan Gerak Jalan Mojokerto – Surabaya sebanyak 8.040 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Dalam upaya mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini tentu dibutuhkan tenaga medis untuk mengawal dan mengawasi jalannya kegiatan agar dapat terselenggara dengan aman serta memastikan kesehatan fisik dari peserta kegiatan secara optimal. Tim Kesehatan yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo ini terbagi menjadi dua posko yakni : Pos 1 di depan Masjid Kemengsen Kecamatan Krian yang terdiri atas unsur PSC 119 Sidoarjo, Tim P3K Puskesmas Krian, serta SBH Cabang Sidoarjo.

Selanjutnya untuk Pos 2 berlokasi di depan SDN Geluran 2 Kecamatan Taman, dengan rincian petugas terdiri atas unsur Tim PSC 119 Puskesmas Taman, SBH Kwarran Taman dan SBH Cabang Sidoarjo. Pelayanan posko kesehatan ini dibuka sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB Minggu dini hari, selama kegiatan ini berlangsung SBH bersama dengan panitia juga turut membagikan Air mineral secara gratis bagi para peserta.

Di Pos 2 merupakan Pos untuk verifikasi scan barcode peserta untuk bisa melanjutkan perjalanan menuju Kota Surabaya. Selanjutnya untuk pelayanan yang diberikan di kedua pos yang ada meliputi pemberian pain killer spray, penanganan lecet pada kulit, penanganan kram otot kaki, pemberian kompres air es, dan keluhan sakit yang lainnya ditunjang dengan fasilitas stand by ambulance untuk rujukan kegawat daruratan bagi peserta yang mengalami cidera.

Baca Juga  Pradak Sinapatra, Tuntunan Unggul Para Leluhur

Adanya posko kesehatan ini merupakan bagian dari kontribusi nyata yang diberikan oleh Saka Bakti Husada berkerjasama dengan PSC 119 Sidoarjo dan Puskesmas yang wilayahnya dilalui rute peserta gerak jalan ini.

“Alhamdulillah kegiatan pelayanan kesehatan di Pos 2 ini berjalan dengan lancar, terima kasih juga atas bantuan dari rekan-rekan SBH Sidoarjo, SBH Taman yang sigap dan cekatan dalam membantu kami memberikan pertolongan pertama pada peserta yang cidera”, ujar dr. Danis selaku Ketua Tim PSC 119 Puskesmas Taman.

“Luar biasa sekali melihat antusiasme dan semangat peserta, walaupun ada beberapa yang cidera namun mereka masih tetap mau untuk melanjutkan kembali, cidera yang dialami rata-rata nyeri di area lutut, betis dan beberapa ada yang lecet pada kulit bagian tungkai kaki sama jari kaki”, Ujar Kak Andiny anggota SBH Cabang Sidoarjo. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Anwaruddin Al Wafi – SBH Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *