Dianpinsat DKC Sidoarjo Gembleng 62 Orang Penegak Pandega menjadi Smart Leader

Pusinfo – Minggu, 24 September 2023 secara daring telah dilakukan kegiatan Pra-Dianpinsat Cabang Sidoarjo yang kali ini mengusung tema be a Smart Leader. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang Sidoarjo ini diikuti oleh 62 pramuka penegak pandega se-Kwartir Cabang Sidoarjo.

Kegiatan yang direncanakan dalam 2 rangkaian ini, selain pra-Dianpinsat secara online juga akan dilanjutkan dengan kegiatan offline pada hari Sabtu s.d Minggu tanggal 30 September – 1 Oktober 2023 di lapangan Kodim 0816 Sidoarjo Jl. Lingkar Timur Kemiri Sidoarjo.

Disesi awal pada Pra-Dianpinsat kali ini, seluruh peserta dibekali Materi Foundamental Gerakan Pramuka yang diberikan oleh Kak Dr. Abdul Munif selaku Waka Binawasa. Dalam penjelasannya, Kak Munif mengatakan bahwa Fundamental Gerakan Pramuka dalam definisinya fundamental Gerakan Pramuka terdiri dari beberapa poin, diantaranya :

  1. Pramuka adalah seseorang yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta berusaha mengamalkan Kode Kehormatan “Tri Satya dan Dasa Darma” bagi Penggalang, Penegak dan Pandega lalu “Dwi Satya dan Dwi Darma” bagi Siaga;
  2. Kepramukaan adalah proses pendidikan non formal yang tidak hanya transfer ilmu pengetahuan melaikan transfer attitude dan soft skill;
  3. Gerakan Pramuka adalah organisasi atau wadah yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan;

Tujuan Fundamental Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan non formal yang tidak hanya transfer ilmu pengetahuan melaikan transfer attitude dan soft skill supaya seorang pramuka bisa menjadi generasi yang memiliki kepriadian yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, berjiwa pancasila, setia dan patuh terhadap NKRI, serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna yang dapat membangun dirinya secara mandiri, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam.

Dalam Fundamental Gerakan Pramuka terdapat pengembangan karakter SESOSIF yaitu :

  1. Spritual
  2. Emosional
  3. Sosial
  4. Intelektual
  5. Fisik
Baca Juga  Tumbuhkan Minat Pramuka, Lakukan Digitalisasi Materi Pembinaan Pramuka Di Gugus Depan

Keterpaduan kelima area pengembangan diri itu akan mengantarkan seorang Pramuka menuju indikator ketercapaian tujuan yaitu Healthy, Helpful, Handycraft dan Happy. Adapun beberapa keistimewaan Pramuka yaitu :

  1. Ber-UU 12 2010
  2. Ber-Pancasila
  3. Ber-Kode Kehormatan
  4. Ber-NKRI
  5. Bersinergi
  6. Murah – Ramah – Keren
  7. Menarik – Menyenangkan – Bahagia
  8. Ber-Atribut (lagu, seragam, lambang, bendera)

Selanjutnya juga diberikan bekal Materi Pemimpin Milenial yang disampaikan oleh Kak Firda Wakil ketua DKC Sidoarjo. Dalam penjelasannya, perbedaan antara pemimpin dan kepemimpinan yaitu jika pemimpin adalah seseorang yang memimpin suatu kelompok sedangkan kepemimpinan adalah metoda yang digunakan oleh seorang pemimpin.

Dalam bahasa inggris pemimpin disebut juga dengan leader yg apabila dijabarkan dari hurufnya yaitu loyality, educate, advice, dan discipline. Pemimpin dalam islam haruslah memiliki sifat sidhiq, tabligh, amanah, fathonah. Sedangkan dalam pengelompokannya berdasarkan tahun, generasi terdiri dari :

  1. Pre Boomer atau Silent Generation (sebelum 1945)
  2. Baby Boomers (1946-1964)
  3. Generasi X (1965-1980)
  4. Generasi Milenial (1981-1996)
  5. Generasi Z (1997-2012)
  6. Generasi Alpha (2013-2025)

Generasi milenia memiliki karakteristik diantaranya mudah beradaptasi, butuh perhatian, melek teknologi dan sebagainya. Untuk menjadi seorang pemimpin milenial kita harus bisa menjadi generasi yang mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang dan tetap kreatif, fleksibel, dan open minded atau memiliki pemikiran terbuka.

Dihubungi disela-sela kegiatan, Ketua DKC Sidoarjo Kak Anang Ahmad Muzakki mengatakan, “Kegiatan DIANPINSAT ini merupakan upaya nyata dan kerja keras kami dalam mendorong berjayanya kembali pramuka penegak di Kabupaten Sidoarjo. Diakui atau tidak, keberadaan pramuka penegak dan pandega di Sidoarjo selama ini berdampak positif bagi tumbuhnya ide, kreatifitas dan gagasan-gagasan baru bagi anak muda yang dipersiapkan untuk memimpin gerakan pramuka dima sa yang akan datang” tukasnya menyakinkan nilai manfaat pelaksanaan kegiatan kali ini. [Red]

Baca Juga  Pramuka SMP Jati Agung Wage Taman, Adakan Persami, LT - 1 dan Pelantikan Dewan Galang

Kontributor Kegiatan
: Kak Anang AM – Ketua DKC Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *