Upaya Tingkatkan Moral Melalui Masa Orientasi Pramuka SMP Negeri 3 Taman

Pusinfo – Masa Orientasi Pramuka merupakan kegiatan terjadwal setiap tahun yang diselenggarakan oleh Pangkalan SMP Negeri 3 Taman. MOP pada tahun ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 29-30 Juli 2023 kegiatan ini berlangsung dengan lancar. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Gugus Depan Kak Imam Agus Kurniawan, S.Pd.

Masa Orientasi Pramuka adalah suatu kegiatan pengenalan pendidikan kepramukaan kepada siswa-siswi baru. Kegiatan ini tidak sembarang dilaksanakan, karena merupakan rangkaian kegiatan awal memperkenalkan kepramukaan sebelum peserta didik nantinya akan terlibat aktid dalam kegiatan pramuka wajib yang biasanya dilaksanakan di hari Sabtu.

Serangkaian kegiatan MOP Pangkalan SMP Negeri 3 Taman Tahun Pelajaran 2023/2024 meliputi : Upacara Pembukaan, Materi Kepramukaan dan Kepemimpinan, Materi PBB Bertongkat, Mini Games, Pentas Seni dan Api Unggun dihari pertamanya.

Sedangkan dihari yang kedua dilakukan kegiatan Senam Pagi, Makan bersama di Lapangan, Penjelajahan, dan diakhiri dengan Upacara Penutupan. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sedemikian rupa ini juga memberikan pembelajaran kepada panitia yang terlibat untuk belajar mengelola dan mengatur setiap acara pada kegiatan sebagaimana rundown yang ada.

Hasil dari Kegiatan Masa Orientasi Pramuka diharapkan peserta didik lebih mengenal pendidikan kepramukaan dan bagaimana pendidikan kepramukaan yang seharusnya mereka terima. Melalui kegiatan ini pula, dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai moral anak bangsa dan menjauhkannya dari apa yang sekarang marak terjadi yaitu kenakalan remaja.

Disinilah pramuka siap menjadi wadah pembinaan untuk generasi muda Indonesia dan mempersiapkan generasi muda untuk membangun Indonesia dimasa yang akan datang. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Ilyas Prakasa, – Pembina Satuan SMPN 3 Taman;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;
Baca Juga  Penggalang Bergiat Penggalang Semakin Hebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *