Webinar Pramuka, Angkat Tema Sinergitas dan Rebranding Gugus Depan Perguruan Tinggi

Pusinfo – Berbagai dinamika gerakan pramuka di Perguruan Tinggi mematik kepedulian Andalan Cabang Urusan Gugus Depan Perti Kwarcab Sidoarjo – Kak Fakhrur Rozy, S.Or., S.Pd.I., M.Pd., Aifo untuk mengangkat permasalahan yang ada menjadi bahan diskusi Webinar bertajuk Webinar Kepramukaan Se-Jawa Timur dengan tema Rebranding Gudep Perti Di Era Society 5.0, Minggu 23 Juli 2023.

“Pada webinar pramuka se-jawa timur kali ini, para peserta akan mendapat wawasan dan ilmu untuk diterapkan di gugus depanny masing-masing. Karena hal tersebut dapat menguatkan karakter serta moral para anggota pramuka yang berada ditingkat gugus depan perguruan tinggi”, pesan Ketua Harian Kwartir Cabang Sidoarjo Kak Dr. H. Mustain Baladan M.Pdi dalam sambutan membuka acara tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk merebranding gugus depan perguruan tinggi khususnya di era society 5.0 dan merupakan wujud dari salah satu program kerja andalan cabang urusan gugus depan perguruan tinggi (Gudep Perti) di Kwartir Cabang Sidoarjo.

Dalam penyampaiannya Ketua Pelaksana kegiatan yakni Kak Ghaitza Muhammad Al Ghozali mengatakan, “Webinar ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting karena lebih fleksibel dan bisa dijangkau oleh peserta seluruh Jawa Timur dan diikuti oleh 145 peserta”, ujarnya menjelaskan.

Dua orang pemateri handal memberikan paparan, diantaranya : Kak Dr. Khoirul Efendiy, S.Pd.I., M.Pd. Selaku Pembina Gudep Universitas Wisnuwardhana Malang dengan tema materi Sinergitas kegiatan gugus depan perguruan tinggi dengan tridharma perguruan tinggi. Dan Civil Journalism dalam Rebranding Gugus Depan Perguruan Tinggi oleh Kak Uays Hashim, S.E., M.M., CT.HLC., CPS selaku Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat memahami secara komprehensif tentang konsep Society 5.0, yang mencakup pengintegrasian teknologi dan inovasi di berbagai bidang kehidupan untuk mencapai masyarakat yang berkelanjutan dan harmonis.

Baca Juga  KENALKAN KUE TRADISIONAL, LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL

Selain itu juga dapat memahami Peran Pramuka di Era Society 5.0, semakin menyadari peran penting yang dimainkan oleh organisasi Pramuka dalam mencetak generasi muda yang cerdas, mandiri, kreatif, dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan era Society 5.0.

Kita juga bisa membahas dan merancang strategi rebranding Gudep Perti (Gugus Depan Pramuka di bawah Kwartir Nasional) agar lebih relevan dan sesuai dengan tuntutan era Society 5.0. Melalui diskusi tentang penyegaran visi dan misi, implementasi teknologi informasi, peningkatan inovasi, dan lain sebagainya.

Memperkuat Kolaborasi Antar Gudep dalam era Society 5.0, kolaborasi dan keterhubungan antar organisasi menjadi kunci keberhasilan. Webinar ini bisa menjadi wadah untuk membangun jaringan dan kerjasama yang lebih kuat antar Gudep di berbagai daerah, sehingga mereka dapat saling mendukung dan bertukar pengetahuan antara satu dengan yang lainnya. (Red)

Kontributor Kegiatan : Kak Fakhrur Rozy, S.Or., S.Pd.I., M.Pd., Aifo – Andalan Cabang Urusan Gugus Depan Perti Kwarcab Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *