Aksi Pramuka Selamatkan Bumi di MPLS SMA Wachid Hasyim 2 Taman

Pusinfo – Sebanyak 488 siswa-siswi  di SMA Wachid Hasyim 2 Taman membuat aksi selamatkan bumi dengan mengumpulkan minyak jelantah dan melakukan penghijauan di lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Sabtu 22/07/2023.

Kedua kegiatan ini termasuk kedalam salah satu aksi meminimalisir dampak pemanasan global dan pencemaran lingkungan oleh zat – zat yang tidak dapat terurai langsung oleh air dan bakteri – bakteri yang ada di dalam ekosistem tersebut. Seperti yang sebelumnya telah dilakukan oleh tim Volunteer SMASYIMDUTA dalam kegiatan sosialnya.

Hal ini juga sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan carbon offset yaitu kegiatan dimana kita mengimbangi emisi karbon yang telah kita keluarkan dengan melakukan penghijauan seperti reboisasi maupun dengan kegiatan – kegiatan kecil seperti menanam tanaman di pekarangan rumah atau di halaman sekolah seperti halnya yang telah dilakukan peserta didik baru SMA Wachid Hasyim 2 Taman yang merupakan bagian dari salah satu kegiatan MPLS hari ini.

Dalam perjalanannya, kedua kegiatan ini ternyata mendapat antusias dan tanggapan positif dari para peserta didik baru tahun pelajaran 2023/2024 untuk ikut berpartisipasi dalam aksi penting ini. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah minyak jelantah yang terkumpul mencapai hingga 7 drum dengan berat bersih 128,48 kilo. Sedangkan untuk kegiatan penghijauan terkumpul sebanyak 110 pot tanaman gantung yang merupakan bentuk partisipasi dari siswa serta dukungan dari sekolah.

“Volunteer SMASYIMDUTA yang terdiri dari anggota pramuka, MPK, OSIS maupun organisasi siswa yang lain telah berkolaborasi dan memberikan contoh pada yang lain untuk membentuk akhlak yang baik lewat aksi selamatkan bumi”. Ujar pak mohammad hajir selaku kesiswaan.

Baca Juga  Hypnoterapi Warnai PENTA SMK Diponegoro

Seperti yang disampaikan oleh salah satu tim volunteer SMA Wachid Hasyim 2 Taman, Zahrah, dirinya mengatakan bahwa Ia sangat terkejut mengetahui jumlah tanaman dan minyak jelantah yang terkumpul. Dirinya juga sangat senang dengan antusiasme para siswa terhadap program selamatkan bumi yang diadakan oleh SMASYIMDUTA.

“Kegiatan penghijauan dan pengumpulan minyak jelantah merupakan kegiatan di hari kedua MPLS, akan banyak kegiatan bermanfaat yang memberikan energi positif dan berdampak bagi masyarakat”.,Kata Pak Nizar Abdillah selaku ketua MPLS 2023.

Aksi selamatkan bumi tidak berhenti di MPLS saja, tetapi juga dibeberapa bulan kedepan yang akan bekerjasama dengan Volunteer dan pramuka SMASYIMDUTA. Dengan begitu suhu bumi yang di canangkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO) akan terlaksana dan hal ini menjadi hal positif yang akan terus dilakukan.(Red)

Kontributor Kegiatan : Tim media Smasymduta;
Pewarta Pusinfo : Kak Agus Andrianto – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *